1 Ramadhan 1444 Hijriah di Arab Saudi Jatuh Pada 23 Maret 2023

ABOUTSEMARANG – Arab Saudi menetapkan awal bulan Ramadhan atau 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023.

Hal tersebut diputuskan oleh Mahkamah Agung Saudi di mana bulan Syaban dalam kalender Islam akan berakhir pada hari ini, Rabu, 22 Maret 2023.

Sementara itu, menurut laporan dari kantor berita Saudi Press Agency (SPA), pihak berwenang sebelumnya telah meminta warga untuk mencoba melihat bulan sabit sebagai penanda dimulainya Ramadhan. Namun itu tidak terlihat.

Sedangkan untuk negara-negara lain yang mayoritas warganya Islam Sunni termasuk Mesir dan Qatar juga mengumumkan bahwa tanggal 1 Ramadhan akan dimulai pada Kamis, begitu pula pemerintah Palestina.

Untuk pemerintah Yordania, Aljazair, Maroko, hingga Indonesia baru akan memutuskan tanggal 1 Ramadhan hari ini.

Melansir dari AFP, penetapan tanggal 1 Ramadhan memang ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisiknya. Karena itu, tak jarang penetapan bulan baru dalam Islam terutama bulan Ramadhan berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Selama bulan Ramadhan, pemerintah Saudi menerapkan sejumlah aturan baru, di mana ibadah puasa dipatuhi secara ketat di negara itu.

Salah satu aturan ketat itu yakni kebijakan restoran dan tempat makan lainnya harus tutup hingga waktu berbuka puasa tiba selama Ramadhan.***

Sharing:

BACA JUGA :   Pemkot Semarang Gencarkan Gerakan Pasar Murah untuk Kendalikan Kenaikan Harga Pangan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan