10 Orang Meninggal dan Puluhan Bangunan Runtuh Akibat Gempa Turki

ABOUTSEMARANG – Gempa Turki berkekuatan magnitudo 7,8 menerjang Gaziantep, wilayah tengah Turki, pada Senin (6/2) pagi waktu setempat mengakibatkan 10 orang meninggal akibat gempa bumi.

Melansir Reuters, Gubernur Provinsi Osmaniye melaporkan lima korban tewas tercatat berasal dari wilayahnya. Selain itu, setidaknya 34 bangunan runtuh dan hancur total akibat gempa.

Sementara itu, Wali Kota Sanliurfa, Saluh Ayhan, juga melaporkan lima korban tewas lainnya berasal dari daerahnya. Sedikitnya 16 bangunan, katanya, juga ikut runtuh gegara guncangan gempa di kota tersebut.

Ayhan mengatakan di Twitter, “kami mencatat banyak bangunan hancur dan mendesak orang untuk pindah ke lokasi yang aman.”

Sampai saat ini belum ada laporan detail soal kerusakan dan jumlah korban gempa dahsyat tersebut.

Namun, pihak berwenang memprediksi jumlah korban dapat bertambah lantaran masih banyak warga yang hilang dan diyakini terjebak reruntuhan bangunan.

Lembaga Penyiar TRT dan Haberturk menunjukkan gambar banyak warga berkumpul di sekitar bangunan yang rusak di Kahramanmaras, mencari korban selamat.

Sebelumnya, berdasarkan informasi awal dari badan Survei Geologi AS (USGS), gempa berpusat di 7 kilometer dari kota Nurdadi/Gaziantep di selatan Turki.

Gempa terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat di kedalaman sekitar 17,9 kilometer. Adapun, gempa tersebut terasa hingga Siprus, Yunani, Yordania, dan Lebanon. (***)

Sharing:

BACA JUGA :   Bantuan RI Tahap 3 Akan Segera Dikirim untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan