14 Siswa dari Satu Sekolah di Kota Yogyakarta Positif Covid-19

ABOUTSEMARANG – Sebanyak 14 siswa dari satu sekolah di Kota Yogyakarta diketahui positif Covid-19. Kasus ini diketahui dari hasil pemeriksaan terhadap sekolah yang sudah menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM).

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pelacakan ke kontak erat dari 14 siswa tersebut.

“Ada tambahan 14 kasus dari satu sekolah dan saat ini sedang dilakukan pelacakan ke kontak erat, baik ke teman satu kelas dan keluarga,” kata Heroe di Yogyakarta, Senin (6/12).

Dengan adanya tambahan kasus tersebut, maka sudah ada temuan 40 siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan kepada siswa dari sekolah yang sudah menjalankan pembelajaran tatap muka.

Meskipun terkonfirmasi positif Covid-19, namun Heroe menyebut, seluruh siswa dalam kondisi baik dan tidak menunjukkan gejala sakit apapun.

“Begitu pula dengan temuan terbaru dari satu sekolah ini. Semua yang terkonfirmasi positif dalam kondisi sehat, tidak ada gejala apapun,” katanya.

Oleh karenanya, lanjut Heroe, perlu dilakukan kajian lebih jauh mengenai sumber penularan karena setelah dilakukan pelacakan biasanya tidak ditemukan penularan yang meluas ke keluarga dan teman satu kelas.

BACA JUGA: Penyebaran Covid-19 Kembali Meningkat, DKI Jakarta Tertinggi Angka Penularan

“Akan kami mulai dengan memetakan apakah kasus ini hanya ada di wilayah tertentu saja atau tidak. Perlu kajian lebih lanjut,” katanya.

Dengan adanya tambahan kasus tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta berencana melanjutkan pemeriksaan terhadap siswa yang sudah menjalani pembelajaran tatap muka.

BACA JUGA :   Apa Itu Fenomena Klitih Hingga #YogyaTidakAman Trending di Twitter

“Kegiatan pemeriksaan akan disesuaikan dengan kegiatan di sekolah. Saat sekolah siap, maka akan langsung dilakukan skrining. Harapannya, bisa mendapat sampel sebanyak-banyaknya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori mengatakan, kegiatan pembelajaran selama Desember akan lebih banyak dilakukan secara daring.

“Pembelajaran tatap muka akan dibatasi dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” katanya seraya menyebut tingkat positif dari hasil pemeriksaan sekitar 1,5 persen.

Pada Senin (6/12) terdapat tambahan dua kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Yogyakarta dengan dua pasien sembuh atau selesai isolasi dan tidak ada pasien meninggal dunia. Dengan demikian, total kasus aktif di kota tersebut tercatat 52 pasien.*

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan