3 Bangunan Kuno di Kota Semarang yang Jarang Diketahui, Salah satunya Gedung Marabunta

ABOUTSEMARANG – Kota Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia.

Kota Semarang menyimpan banyak cerita sejarah dari masa lalu yang menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Kota Semarang pernah menjadi pusat kekuasaan Belanda setelah kerajaan Mataram hancur.

Selain itu, Kota Semarang juga berfungsi menjadi pelabuhan pemasok dan penyalur hasil bumi dari wilayah pedalaman di Jawa selain Jakarta dan Surabaya.

Semarang yang menjadi tempat penting bagi Belanda saat itu membuat banyak bangunan kuno berdiri dengan berbagai sentuhan gaya, salah satunya Eropa.

Selain tempat terkenal seperti Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong dan Kota Lama, Kota Semarang juga menyimpan beberapa bangunan kuno yang tidak kalah bagus.

Berikut 3 Bangunan kuno yang jarang diketahui di Kota Semarang:

1. Gedung Marabunta
Bangunan kuno yang terletak di jalan Cendrawasih no. 23 Semarang ini punya ciri unik yaitu patung semut raksasa di bagian atap. Selain itu, langit-langit dari Gedung Marabunta juga berbentuk geladak kapal yang terbalik. Namun, cerita pendirian bangunan ini sulit dipastikan karena simpang siur sumber mengenai itu.

Gaya bangunan lengkung busur dan kolom langsing yang ada di dalam auditorium menunjukkan bahwa pada 1854 di kalangan masyarakat Eropa terdapat pementasan. Sama halnya dengan sistem dinding penyangga dan pasangan bata rollag di atas ambang pintu dan jendelanya.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan