3 Fakta Menarik Cappadocia, Tempat Wisata Turki yang Disebut Kinan dalam Layangan Putus

ABOUTSEMARANG – Tempat wisata Cappadocia, Turki sempat viral dan trending di media sosial manapun, hal ini dikarenakan salah satu adegan web series WeTV yang berjudul Layangan Putus ini sukses menguras emosi para penontonnya.

Seperti diketahui, serial Layangan Putus yang diperankan oleh Reza Rahardian dan Putri Marino menjadi favorit para netizen.

Serial Layangan Putus diadaptasi dari kisah nyata tersebut terus ditunggu oleh para penontonnya. Dalam episode 7, Kinan (Putri Marino) terkejut dengan keputusan Mas Aris (Reza Rahardian) yang memilih pergi ke Cappadocia bersama selingkuhannya.

Padahal tempat tersebut adalah tempat impian Kinan dan sangat membekas baginya. Adegan inilah yang akhirnya membuat netizen digiring bersama dengan emosi Kinan.

Baca Juga : Profile Mommy ASF Sosok Kinan di Kehidupan Nyata, Si Penulis Novel Layangan Putus

Lalu apa itu Cappadocia dan seperti apa tempat wisata tersebut?

Cappadocia merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Turki. Tempat wisata ini tepatnya berada di daerah kuno di Anatolia Timur di Turki yang terletak di utara gunung Taurus.

Yang terkenal dari tempat wisata ini yakni pemandangan bebatuan dari gunung berapi dan puluhan balon udara. Wisata balon udara yang ada di Cappadocia pun menjadi daya tarik yang terkenal sampai ke seluruh dunia.

Berikut 3 fakta menarik Cappadocia

1. Wisata Balon Udara Raksasa

Pada zaman duhulu, kawasan ini dikenal akan kudanya. Diyakini nama Cappadocia berasal dari kata Persian Kuno Katpaktukya, yang bermakna sebagai wilayah dengan kuda yang indah.

Namun, kawasan ini kini menjelma menjadi tempat wisata yang sangat menakjubkan. Bahkan, wisatawan dari berbagai belahan dunia ingin mengunjunginya.

Salah satu yang paling populer ialah wisata hot air balloon atau balon udara raksasa. Pengalaman yang tak akan pernah terlupakan ialah ketika bisa naik dalam balon raksasa ini.

Wisatawan bahkan bisa menikmati keindahan Cappadocia dari ketinggian. Tentu untuk menikmati momen berharga ini tidaklah murah. Kurang lebih harga yang harus dikeluarkan untuk setiap orangnya ialah berkisar tiga jutaan.

2. Dataran dari proses erosi vulkanik

Cappadocia merupakan dataran unik yang terbentuk oleh erosi bebatuan vulkanik. Awalnya letusan gunung api purba membuat tempat ini diselimuti abu yang cukup tebal.

Hingga berjalannya waktu membuat abu tersebut mengeras dan menjadi batuan yang lembut. Masyarakat biasa menyebut ini sebagai tuff. Air dan angin pun mengikis tuff tersebut sehingga membentuk seperti pilar yang menyerupai jamur atau fairy chimneys.

Orang pertama yang tinggal di kawasan ini memungkinkan untuk memahat goa sebagai tempat tinggal, tempat ibadah, atau tempat persembunyian. Tak ayal jika cappadocia kemudian menjadi kompleks pahatan batu terbesar di dunia.

3. Terbentang di tiga provinsi

Cappadocia merupakan kawasan yang sangat luas. Bahkan luasnya mencapai 5000 kilometer persegi. Yang menakjubkan cappadocia terbentang di tiga provinsi di Anatolia Tengah, yang meliputi Keyseri, Nevsehir, dan Nigde.

Letaknya yang sangat strategis karena berada tepat di jantung negara Turki. Maka sangat disayangkan jika pergi ke negara dua benua tersebut namun tidak berkunjung ke Cappadocia. ***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan