350 Orang Ditahan Dalam Bentrokan Usai Penyerangan Israel ke Masjid Al Aqsa

ABOUTSEMARANG – Penyerangan dilaporkan dilakukan polisi Israel kepada umat Muslim yang tengah beribadah di Masjid Al Aqsa, Yerusalem pada hari ini, Rabu, 5 April 2023 subuh waktu setempat.

Pasca penyerangan tersebut, lebih dari 350 orang ditahan saat bentrokan pecah.

“[Kami] menangkap dan mengamankan lebih dari 350 orang yang mempertahankan diri dengan kekerasan,” kata kepolisian Israel di dalam Masjid Aqsa.

Menurut kepolisian, mereka menahan “orang-orang berpenutup wajah, pelempar batu/petasan, dan individu yang diduga menodai masjid.”

Bentrokan ini pecah ketika polisi Israel memaksa masuk ke Masjid Al Aqsa untuk memburu “sejumlah pemuda pelanggar hukum dan penghasut berpenutup kepala” yang berlindung di dalam gedung.

“Para penghasut memasang posisi ini beberapa jam setelah tarawih untuk memicu kekacauan dan menodai masjid,” demikian pernyataan kepolisian Israel yang dikutip AFP.

“Setelah berbagai upaya untuk mengeluarkan mereka dengan dialog tak berhasil, polisi memaksa masuk untuk mengeluarkan mereka agar salat subuh dapat dilaksanakan dan mencegah gangguan kekerasan.”

Menurut polisi Israel, saat pasukan masuk, mereka dilempari batu dan petasan oleh sekelompok penghasut di dalam masjid.

Kepolisian akhirnya “menahan perusuh yang menyebabkan kerusakan masjid dan menodainya.”

Namun, saksi mata mengatakan polisi Israel menyerang umat yang sedang beribadah di dalam masjid.

“Saya sedang duduk di kursi sembari membaca [Al Quran]. Mereka melepaskan granat setrum, salah satunya mengenai dada saya,” ucap seorang perempuan lansia kepada Reuters.

Palang Merah Palestina juga melaporkan tujuh warga mereka terluka akibat tembakan peluru karet dan pukulan aparat dalam bentrokan tersebut.

BACA JUGA :   Solusi Dua Negara Dinilai Mampu Meredam Konflik Palestina dan Israel

Mereka mengklaim kepolisian Israel mencegah petugas medis masuk ke area masjid.

Setelah kabar ini merebak, kelompok Palestina penguasa Jalur Gaza, Hamas, langsung melancarkan serangan roket ke Israel. Tak tinggal diam, Israel membalas dengan serangan udara.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan