4 Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

ABOUTSEMARANG- Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga secara rutin. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini olahraga cukup membantu tubuh untuk menjaga imunitas kita.

Sayangnya sebagian orang tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga. Padatnya aktivitas harian sering menjadi alasan utama. Dan saat mereka ingin memulai hidup sehat dengan melakukan olahraga, tidak jarang bingung memulainya dari mana.

Olahraga kardio merupakan salah satu pilihan kalian sebab olahraga ini bisa meningkatkan daya tahan, membakar lemak tubuh, dan menurunkan berat badan.

Olahraga kardio atau kardiovaskular adalah serangkaian aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Sehingga selama berolahraga kardio, organ pernapasan Anda akan dilatih untuk bernapas lebih cepat dan dalam.

Baca Juga: PSIS Semarang Latihan ‘Finishing’ Jelang Lawan Persiraja Banda Aceh

Kondisi ini kemudian meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan membantu Anda memanfaatkan oksigen secara efisien. Selain itu, peningkatan kadar oksigen dalam sel dan jaringan tubuh juga bisa mempercepat proses pembakaran cadangan lemak sehingga membantu Anda menurunkan berat badan.

Pandemi Covid-19 menuntu kita untuk mengurangi mobilitas di area publik termasuk kegiatan olahraga.

Nah, Kalau biasanya olahraga kardio dilakukan di luar rumah, kalian juga bisa melakukan gerakan kardio didalam rumah.

Berikut 4 gerakan kardio yang bisa anda ikuti:

1. Skaters

Gerakan skaters mirip seperti gerakan diatas papan skate. Gerakan ini dimulai dengan berdiri tegak dan kaki dibuka selebar pinggul. Lompat ke sisi kanan dan mendaratlah dengan kaki kanan, sembari lutut kiri menekuk lurus. Lalu, lompat ke sisi kiri dengan gerakan berlawanan.

2. Jump Rope

Jump rope dikenal juga dengan skipping atau lompat tali. Lakukan gerakan secara sederhana dengan atau tanpa alat bantu. Posisikan tangan di samping pinggang, kemudian melompat secara berirama sambil mengayunkan kedua tangan.

3. Burpees

Burpees merupakan olahraga kardio yang memadukan berbagai gerakan latihan kekuatan, seperti lompat, squat, plank, hingga push up. Untuk Anda yang hendak menurunkan berat badan, burpees bisa membakar lebih dari 100 kalori hanya dalam 10 menit latihan.

4. Mountain Climbers

Gerakan mountain climbers dimulai dari posisi plank dengan tubuh bertumpu pada kedua lengan dan kaki. Tekuk lutut kanan ke depan dada dan lakukan hal yang sama pada lutut kiri secara bergantian dan lakukan gerakan ini selama 30-60 detik.

Olahraga kardio dapat membantu menurunkan berat badan serta mempertahankannya apabila dikombinasikan dengan asupan diet sehat dan seimbang.

Selain itu olahraga kardio dapat meningkatkan stamina dan kebugaran jantung, paru-paru, otot, dan tulang dari waktu ke waktu.

Sehingga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai infeksi virus ringan, seperti batuk dan flu.

Itulah 4 gerakan olahraga kardio untuk yang bisa dilakukan dirumah dan tetap sehat di tengah pandemi Covid-19. Selamat mencoba!***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan