5 Destinasi Wisata Low Budget di Kota Semarang Ini Cocok Buat Habiskan Libur Nataru

ABOUTSEMARANG – Artikel ini berisi informasi 5 destinasi wisata low budget di Kota Semarang yang bisa kalian kunjungi saat libur Nataru mendatang.

Libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) sebentar lagi tiba. Buat kalian yang libur Nataru mau ke Semarang atau lagi stay di Semarang, bisa banget kunjungi beberapa tempat wisata gratis ini.

Adapun tempat wisata ini juga lebih menarik lantaran sebagian wisata gratis di Semarang ini ada yang buka selama 24 loh. Menarik bukan?

Meski destinasi wisata ini tidak memiliki biaya tiket masuk, namun kalian perlu persiapkan uang parkir ya.

Lantas, destinasi wisata di Semarang mana saja sih yang bisa dikunjungi secara gratis?

Berikut ini daftar wisata Kota Atlas yang bisa dikunjungi secara gratis.

  1. Kota Lama

Salah satu bangunan yang ada di Kawasan Kota Lama yang terkenal estetik. About Semarang/Instagram/@andhini.apw18

Siapa sih yang tidak tahu Kota Lama? Kota Lama terkenal menjadi salah satu ikon Kota Semarang dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib banget dikunjungi saat berwisata di Semarang.

Saat berkunjung di Kota Lama, pengunjung akan disuguhi pemandangan berbagai bangunan tua dengan gaya arsitektur Eropa tahun 1700-an.

Bangunan-bangunan tersebut berdiri di Kawasan Kota Lama sebagai saksi bisu sejarah masa kolonial Belanda di Semarang.

Beberapa bangunan yang bisa ditemui di sana antara lain Gereja Blenduk, pabrik rokok, stasiun dan berbagai ikon Kota Semarang lainnya yang sangat kental dengan gaya arsitektur Eropa.

BACA JUGA :   Pasca 2 Tahun Absen, Pemkot Semarang Gelar Kirab Merah Putih Peringati Haul Habib Thoha

Kendati demikian, Kota Lama juga tetap memiliki sentuhan modern di beberapa titik. Saat berkunjung, wisatawan juga bisa menemukan beberapa kedai kopi atau kafe yang sering disambangi anak muda untuk dijadikan tempat nongkrong.

Sementara itu, untuk berkeliling Kota Lama para pengunjung tidak diharuskan untuk membeli tiket, bahkan pengunjung juga tidak diharuskan membayar parkir di area wisata Kota Lama.

Meski begitu, pengunjung tetap harus membayar apabila mau masuk ke atraksi atau membeli makanan di restoran yang ada di Kota Lama.

Potret bangunan Gereja Blenduk yang ada di Kawasan Kota Lama Semarang. About Semarang/Instagram/@andhini.apw18

  1. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang. Ilustrasi/Dok. Hotel Pantes Group

Simpang Lima Semarang kini dikabarkan akan memiliki Simpang Lima kedua. Tapi tahu tidak Simpang Lima Semarang yang saat ini dikenal sebagai ikon Kota Semarang juga bisa jadi salah satu destinasi wisata gratis untuk dikunjungi.

Lokasi Simpang Lima yang berada di tengah-tengah Kota Semarang sangat strategis lantaran disekelilingnya terdapat beberapa pusat perbelanjaan yang membuat tempat ini menjadi sebuah Kawasan ekonomi terpadu.

Meski Simpang Lima Semarang nampak biasa seperti jalan lain saat siang hari. Namun, di saat malam hari Simpang Lima Semarang punya pesona menarik yang sangat cocok dijadikan tempat foto yang estetik.

Meski begitu, saat berkunjung di area jalan dengan lima simpangan ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti bermain sepeda hias, jalan-jalan mengitari Lapangan Pancasila, berkeliling menggunakan skuter dan berfoto ria.

Kemudian saat lelah menikmati aktivitas di Lapangan Pancasila dan ingin berkuliner, tak perlu khawatir lantaran di sekitar Simpang Lima menyuguhkan beragam wisata kuliner yang bisa kalian coba.

BACA JUGA :   5 Anggota Keluarga Iwan Budi Korban Pembunuhan di Semarang Kini Dapat Perlindungan LPSK

Adapun kawasan kuliner tersebut dikenal dengan Kawasan Pujasera Semarang.

  1. Tugu Muda

Potret Tugu Muda Semarang dengan pemandangan Lawang Sewu. About Semarang/Dok. PENGDA KOTA SEMARANG INI

Siapa yang saat berwisata ke Lawang Sewu menemukan monumen dengan bentuk menyerupai lilin di seberang jalannya?

Monumen itu merupakan Tugu Muda yang dibangun sebagai symbol penghormatan atas perjuangan para pahlawan yang telah gugur saat pertempuran lima hari di Semarang.

Tugu Muda sendiri sangat cocok dijadikan lokasi untuk berfoto dengan latar Lawang Sewu apalagi saat langit Semarang sedang dalam keadaan cerah, maka pemandangannya nampak sangat estetik.

Selain berfoto di Tugu Muda, pengunjung juga bisa berjalan santai sembari menikmati keindahan langit Kota Semarang saat sore hari.

Untuk kalian yang mau berkunjung ke Tugu Muda tak perlu membayar tiket masuk, tapi cukup membayar biaya parkir.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Potret keindahan Masjid Agung Jawa Tengah. About Semarang/Dok. PENGDA KOTA SEMARANG INI

Untuk kalian yang sedang berada di Semarang dan ingin menikmati wisata religi murah, Masjid Agung Jawa Tengah bisa menjadi salah satu pilihan.

Masjid Agung Jawa Tengah berada di Jalan Gajahraya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang

Hanya dengan membayar biaya parkir, pengunjung sudah bisa menikmati keindahaan masjid yang dibangun dengan gaya arsitektur Arab dan Jawa ini.

Saat berkunjung di Masjid Agung Jawa Tengah, jika kalian dapat di momen yang tepat, maka kalian bisa melihat payung-payung raksasa ikonik Masjid Agung Jateng tersebut dibuka.

Apabila ingin melihat saat payung-payung tersebut terbuka, kalian bisa berkunjung ketika shalat Jumat atau ketika akhir pekan dan saat ada acara keagaam besar seperti Maulid Nabi.

  1. Taman Bridge Fountain Semarang

Pemandangan Taman Bridge Fountain Semarang dari udara. About Semarang/Dok. Pemkot Semarang

Buat kalian yang suka menikmati suasana malam, Taman Bridge Fountain Semarang cocok banget menjadi destinasi pilihan.

BACA JUGA :   BREAKING NEWS! Relokasi Pasar Johar Kebakaran

Taman Bridge Fountain Semarang merupakan air mancur yang disertai lampu warna-warni di sepanjang Jembatan Banjir Kanal Barat.

Banyak yang menyamakan keindahan Taman Bridge Fountain Semarang dengan Jembatan Banpo di Korea Selatan.

Jadwal nyalanya air mancur mulai pukul 20.00 pada Senin-Kamis, serta pada Jumat hingga Minggu pukul 19.30 dan 21.00.

Itu tadi informasi mengenai 5 destinasi wisata low budget di Kota Semarang yang bisa kalian kunjungi saat libur Nataru mendatang.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan