5 Tips Menghapal Pelajaran Agar Mudah Diingat!

ilustrasi menghapal pelajaran

Aboutsemarang.Id,- Bagi sebagian orang seringkali mengalami kesulitan dalam menghapal dan memahami pelajaran baik di sekolah, Universitas, maupun lembaga kursus.

Ternyata ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk menguasai materi pelajaran. Namun, sebelumnya kalian perlu mengetahui lebih dulu bagaimana gaya belajarmu agar penerimaan materi lebih efisien nantinya.

Setiap orang tentunya punya cara yang berbeda-beda dalam memahami pelajaran dan mencerna materi pada otak.

Nah, berikut ini telah Info Semarang Raya rangkum tips menghapal materi pelajaran dengan mudah dan cepat.

  1. Membuat Catatan yang menarik

Hampir setiap pelajar cepat lupa dengan materi yang diberikan guru, hal ini dikarenakan terlalu banyak materi yang diterima sehingga kapasitas otak yang tidak terbiasa dilatih akan tidak dapat menampung dengan maksimal. Perlu adanya wadah lain yang dapat menampung materi yang sering terlupa. Dengan  membuat catatan dapat membantu kita mengingat materi.

Menulis catatan merupakan proses stimulus dalam mencerna materi, karena dalam setiap goresan kata per kata, otak kita mendikte dengan baik materi yang diajarkan guru. Cara menulis catatan tidak sembarangan, ada teknik-teknik yang bisa disesuaikan dengan otak kita.

Misalnya, apabila kamu menyukai bentuk layout infografis kamu bisa membuatnya menjadi pohon materi, jika kamu suka dengan bentuk narasi kamu bisa menyusunnya dengan rapi. Tidak lupa disetiap bab, sub-bab , dan ‘kalimat penting’ diberi stabilo atau warna bolpen yang menarik.

  1. Mengganti lirik lagu yang kamu sukai dengan materi pelajaran

Jika kamu hobi bernyanyi maka bisa dimanfaatkan untuk mengingat materi pelajaran. Lirik lagu yang biasa kamu nyanyikan bisa diubah dengan kalimat materi pelajaran.

Buatlah kalimat menjadi sesederhana mungkin yang sesuai dengan melodi lagu. Teknik ini dapat dengan cepat menghafal materi karena jika terus menyanyikan setiap hari dengan kegiatan apapun, mulut kita akan menstimulus otak untuk menghafal materi dari lirik lagu tersebut.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan