500 Jenazah Covid-19 Dimakamkan di TPU Jatisari Mijen, Disperkim: Kasus Kematian Naik Lagi!

Aboutsemarang.Id,- Angka kematian akibat Covid-19 Kota Semarang terus saja meningkat. Tercatat sekitar 500 jenazah penderita Covid-19 telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

”Setahun selama pandemi ini, TPU Jatisari setidaknya sudah menampung 500-an orang yang meninggal karena Covid-19,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Pemakaman, Dinas Permakaman dan Permukiman (Disperkim), Kota Semarang, Djuniadi pada Kamis 10 Juni 2021.

Djunaidi menuturkan, Saking banyaknya orang yang meninggal akibat Covid-19, lubang pemakaman di TPU Jatisari hanya tersisa 600 lubang saja. Padahal luas lahan TPU Jatisari ini mencapai 3 hektar.

”Luas lahan yang sudah dipakai untuk makam itu sektar 3 hektare dari total luasan lahan 13 hektare. Nah, dari 3 hektare yang dipakai itu dalam hitung-hitungan kami tinggal menampung sekitar 600 lubang untuk pemakaman,” jelasnya.

Menurutnya, peningkatan angka kematian akibat Covid-19 jelas terlihat dimana pihaknya dalam bulan ini harus menyiapkan lubang pemakaman lebih banyak.

”Padahal dalam sehari minimal harus menyiapkan empat lubang makam pada awal-awal pandemi Covid-19, Maret 2020 lalu. Saat ini rata-rata dalam empat hari kami menyiapkan satu lubang makam. Tapi Juni 2021 ini kasus kematian akibat Covid-19 naik lagi,” terangnya.

Sebelumnya TPU Jatisari hanya tempat pemakaman umum biasa. Namun karena lahannya yang luat Pemerintah Kota Semarang menjadikan lokasi ini khusus pemakaman jenazah Covid-19.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan