9 Jenis Makanan Tinggi Protein untuk Penuhi Gizi Penderita Kanker

ABOUTSEMARANG – Artikel ini berisi informasi makanan tinggi protein yang dapat menjadi pilihan bagi penderita kanker.

Pengobatan atau perawatan yang dijalani penderita kanker dapat menimbulkan efek samping. Salah satunya adalah menurunkan selera makan.

Padahal penderita kanker, penting untuk mendapatkan asupan protein yang cukup untuk membantu memperbaiki jaringan tubuh, menjaga kekuatan otot, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jumlah protein bergantung pada berat badan yang dimiliki penderita kanker. Anda membutuhkan setidaknya 1.5 gram protein per kilogram (kg) berat badan setiap hari.

Contohnya, jika memiliki berat 50 kg, maka jumlah protein yang perlu dikonsumsi setidaknya adalah 75 gram per hari, hal ini setara dengan 20 butir putih telur. Namun, kebutuhan protein pada penderita kanker dapat lebih banyak akibat efek samping dari pengobatan, seperti kemoterapi atau terapi radiasi.

Berikut ini adalah beberapa makanan tinggi protein yang dapat menjadi pilihan bagi penderita kanker:

1. Daging tanpa lemak: Pilih daging seperti ayam tanpa kulit, kalkun, atau daging merah rendah lemak seperti daging sapi sirloin. Hindari daging yang berlemak atau diproses.

2. Ikan: Ikan merupakan sumber protein yang kaya akan asam lemak omega-3. Pilih ikan berlemak seperti salmon, sarden, atau tuna.

3. Telur: Telur adalah sumber protein yang baik dan mudah dicerna. Anda dapat memasukkan telur rebus atau telur dadar dalam diet harian.

4. Produk susu rendah lemak: Susu, yogurt, dan keju rendah lemak dapat memberikan protein, kalsium, dan vitamin D. Namun, jika Anda memiliki intoleransi laktosa atau saran dari dokter, pilih alternatif susu nabati seperti susu kedelai atau almond.

BACA JUGA :   Pemkot Semarang Siapkan Bahan Makan Alternatif Hadapi Resesi 2023, Apa Bentuknya

5. Susu tinggi protein: Susu tinggi protein sebagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ketika berpuasa. Hal ini juga bisa menyiasati pengidap kanker yang mengalami kebosanan pada menu makanan dan minuman yang dijalani berbarengan dengan pengobatan

6. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang almond, dan kacang lentil adalah sumber protein nabati yang baik. Mereka juga mengandung serat dan lemak sehat.

7. Tahu dan tempe: Tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati yang tinggi. Mereka juga mengandung zat besi, kalsium, dan serat.

8. Quinoa: Quinoa adalah biji-bijian yang kaya akan protein dan mengandung asam amino esensial. Quinoa juga mengandung serat dan karbohidrat kompleks.

9. Sayuran hijau: Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale mengandung protein yang bermanfaat bagi penderita kanker. Mereka juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah atau menambahkan makanan dalam diet Anda, terutama jika sedang menjalani pengobatan kanker atau mengalami efek samping tertentu. Setiap kondisi kesehatan individual membutuhkan penanganan yang berbeda.

(atn/chatgpt)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan