Administrasi Kearsipan Belum Optimal, Instansi Pemerintah di Brebes Diminta Lakukan Penataan

ABOUTSEMARANG – Pemerintah Kabupaten Brebes meminta seluruh instansi di lingkungan pemerintah setempat untuk melakukan penataan arsip.

Hal tersebut lantaran belum optimalnya tata Kelola administrasi dan arsip. Sehingga itu menjadi fokus utama Pemkab Brebes untuk melakukan perbaikan.

Komitmen terkait hal tersebut diungkapkan Pemkab Brebes saat paparan tertib arsip dan sejarah desa dalam rangka transformasi digital dalam Rapat Evaluasi Penggunaan dan implementasi Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) yang digelar di Aula Lantai 5 Kantor Pemerintahan Terpadu, Rabu pagi, 30 Agustus 2023.

Acara yang difasilitasi Biro Umum ANRI itu, dihadiri oleh sejumlah narasumber seperti Anggota Komisi II DPR RI Agung Widyantoro, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Imam Gunarto dan Direktur Kearsipan Daerah II Suminarsih.

Selain itu, turut hadir pula Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin, perwakilan Kepala OPD dan seluruh camat serta 297 kepala desa dan lurah se-Kabupaten Brebes.

Dalam paparannya, Agung Widyantoro menyebut, masih banyak persoalan terkait tata kelola administrasi instansi pemerintah yang belum tertib.

Bahkan, pemanfaatan aplikasi SRIKANDI harapannya menjadi solusi dari masalah-masalah yang sudah diidentifikasi.

Termasuk, mengaktualisasikan solusi dan mendorong semua OPD dan Pemerintahan Desa menggunakan aplikasi SRIKANDI.

“Aplikasi SRIKANDI, bertujuan menjalankan operasionalisasi, pemeliharaan, dan pengembangan dalam penyusunan hingga pemberkasan arsip. Sehingga, semua penggunaan aplikasi SRIKANDI diharapkan dapat meningkatkan kualitas penerapan aplikasi ini di lingkungan Pemkab hingga Pemerintahan Desa agar tertib administrasi,” kata Agung Widyantoro yang juga sekaligus Politisi Partai Golkar dilansir dari Arah Pantura.

Pemerintah pusat hingga daerah, lanjut Agung, punya kebijakan untuk menata persoalan kearsipan secara menyeluruh.

BACA JUGA :   Petugas Gabungan Imbau Pengunjung Rest Area Tol Gunakan Masker

Termasuk, hingga tingkat pemerintah desa karena kewajiban mendokumentasikan seluruh arsip dan administrasi lebih terkelola dengan baik.

Mekanismenya, tertib administrasi kemudian menyatukan catatan-catatan sejarah kita dari desa, kemudian kita tata semuanya melalui aplikasi SRIKANDI ini.

“Tidak hanya ditingkat OPD, tertib administrasi kearsipan juga harus dilakukan ditingkat pemerintah desa maupun kelurahan,” jelas Agung.

Sementara itu, PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin menyatakan, pihaknya terus mendorong optimalisasi penggunaan aplikasi SRIKANDI dalam penataan arsip.

Sehingga, seluruh dokumentasi administrasi arsip dan tata kelolanya lebih tertib di lingkungan Pemkab Brebes.

“Setelah hasil penjabaran dari semua narasumber, kami akan terus mendongkrak pemanfaatan aplikasi SRIKANDI. Sehingga, semua tersimpan dalam aplikasi digital itu,” pungkasnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan