Akhirnya! WhatsApp Luncurkan Fitur Edit Pesan, Gini Caranya

ABOUTSEMARANG – Kabar gembira untuk para pengguna WhatsApp yang hobi typo nih! Kini WhatsApp telah merilis fitur edit pesan yang memungkinkan pengguna dapat mengubah isi chat, bahkan setelah pesan dikirim.

WhatsApp mengumumkan kehadiran fitur itu pada 22 Mei 2023 lalu. Namun saat itu, fitur belum tersedia untuk seluruh pengguna platform.

Saat ini, fitur baru tersebut telah tersedia secara global untuk WhatsApp versi terbaru, baik pengguna iPhone maupun Android.

Namun WhatsApp membatasi waktu edit pesan. Pengguna hanya bisa mengudah chatnya 15 menit saja setelah dikirimkan.

Pesan yang diubah itu juga akan dilabeli dengan tulisan ‘edited atau diedit’. Dengan begitu pengguna lain yang menerima pesan tahu chat telah diubah sebelumnya.

“Sama halnya seperti semua panggilan, media, dan pesan pribadi, pesan serta pengeditan yang Anda buat dilindungi oleh enkripsi end-to-end.” kata WhatsApp.

Perlu diperhatikan bahwa fitur ini mungkin tidak menyediakan riwayat edit untuk melihat versi sebelumnya dari pesan yang telah diedit.

Meskipun WhatsApp terbilang agak terlambat dalam meluncurkan fitur edit pesan, mengingat aplikasi Telegram telah menyediakan tombol edit pesan sejak 2016, WhatsApp tetap berupaya untuk menghadirkan banyak fitur baru bagi penggunanya.

Lalu bagaimana cara mengedit pesan WhatsApp yang telah dikirim?

Cara edit pesan WhatsApp

  • Pilih pesan yang ingin diedit dengan menekan dan menahannya.
  • Ketuk Edit dari menu. Untuk pengguna iOS, opsi tersedia pada pop menu. Sementara Android terletak pada ikon titik tiga.
  • Ketik pesan kalimat baru yang diinginkan untuk menggantikan pesan yang sebelumnya telah terkirim.
  • Kirim pesan baru hasil editan tersebut ke ruang obrolan.
BACA JUGA :   Update iOS 16.2 Rilis! Ada Apple Music Sing, Freeform & Lock Screen Baru

(***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan