Akun Instagram Hilang Dibajak? Tenang, Kini Ada Cara Memulihkannya

ABOUTSEMARANG – Akun Instagram bisa menjadi sasaran empuk untuk dibajak oleh seseorang. Namun, tak perlu khawatir, karena sekarang Instagram sudah resmi merilis beberapa fitur untuk meningkatkan keamanan pengguna.

Diketahui fitur Instagram tersebut merupakan website untuk mengembalikan akun yang sudah dibajak. Situs tersebut yaitu Instagram.com/hacked.

Untuk  fitur baru ini nantinya memungkinkan penggunga dapat melaporkan dan menyelesaikan masalah terkait akun.

Adapun fitur yang dirilis anak perusahaan Meta ini memang ditujukan untuk membantu pengguna korban pembajakan akun yang kesulitan mengakses akunnya.

Sehingga situs ini akan sangat berguna apabila pengguna tidak dapat login ke akunnya.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa meminta bantuan untuk memulihkan akun yang dibajak, melaporkan akun peniru, lupa password, atau kehilangan akses untuk autentikasi dua faktor (2FA).

Setelah memilih salah satu masalah yang dihadapi, pengguna cukup mengikuti instruksi yang ada di layar agar bisa mengakses akunnya kembali. Jika pengguna memiliki beberapa akun Instagram, mereka juga bisa memilih akun yang bermasalah.

Seperti diketahui bahwa pembajakan akun Instagram sendiri menjadi perkara yang tidak kecil. Lantaran, pada tahun 2018 sendiri diketahui Motherboard melaporkan beberapa pengguna terpaksa membayar tebusan ke hacker untuk bisa mendapatkan akunnya kembali.

Sementara itu, bersamaan dengan fitur tersebut, melansir dari The Verge, Senin, 19 Desember 2022, Instagram juga meluncurkan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna apabila kesulitan login dapat meminta dua temannya untuk mengonfirmasi identitasnya.

Nantinya, dua teman yang dipilih akan diberi waktu 24 jam untuk merespons permintaan verifikasi tersebut. Jika permintaan diterima, Instagram akan memberikan opsi kepada pemilik akun untuk me-reset password.

BACA JUGA :   Instagram Bakal Batasi Konten Bagi Pengguna Usia 16 Tahun

Instagram juga mengatakan akan menelusuri cara untuk menghentikan pembajakan akun sebelum terjadi. Salah satu caranya adalah mengirimkan peringatan kepada pengguna jika mereka diikuti oleh akun yang mungkin meniru orang lain.

Terakhir, Instagram juga akan menampilkan centang biru untuk akun yang sudah diverifikasi di lebih banyak tempat. Selain di profil, centang biru juga akan ditampilkan di Stories, DM, dan feed.***

Tangkapan layar cara untuk memulihkan akun Instagram yang dibajak. About Semarang/Dok. Instagram

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan