Antisipasi Lonjakan Kendaraan Libur Nataru, Polda Jateng Siapkan Rekayasa Arus Lalu Lintas

ABOUTSEMARANG – Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng menyiapkan rekayasa lalu lintas di ruas tol Trans Jawa di provinsi ini untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru (nataru).

“Berdasarkan data Kementerian Perhubungan diperkirakan mencapai 8,7 juta kendadaan yang masuk Jawa Tengah di semua jalan raya baik tol dan non tol,” ungkap Direktur Lalu-Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Polisi Agus Suryo Nugroho, saat melihat situasi arus lalu-lintas di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Rabu (21/12).

Pihaknya sudah melakukan kesiagaan personil lalu lintas termasuk alternatif rekayasa arus yang akan diberlakukan.

Polda Jateng, lanjut dia, telah membuat 252 posko di seluruh wilayah 35 kabupaten/ kota difokuskan pada jalur mudik dan perbatasan. Selain itu, personil juga disiagakan 24 jam.

“Jawa Tengah kita punya semua, ada pantura, arteri, tol, jalur tengah, selatan dan selatan-selatan. Kita sudah siapkan semua jajaran personil dan posko di semua wilayah, termasuk jalur-jalur perbatasan,” kata dia.

Menurut dia, khusus Tol Trans Jawa untuk rekayasa one way atau contra flow diambil alih langsung Korlantas Polri apabila situasi dari Cikampek atau Cipali dalam kondisi padat.

Begitu pun sebaliknya, lanjut dia, jalur Tol Semarang-Solo mengalami kepadatan Polda Jawa Tengah diperkirakan akan memberlakukan rekayasa contra flow atau one way dimulai dari Gerbang Tol Banyumanik Semarang.

“Kalau dari Cikampek ke Kalikangkung itu nanti Korlantas, melihat situasi kepadatan di sana. Tapi kalau yang Semarang-Solo, nanti dari kita rekayasa dimulai dari Gerbang Tol Banyumanik. Semua tergantung situasi,” tukas dia. (***)

Sharing:

BACA JUGA :   Polda Jateng Ungkap Praktek Penimbunan dan Pengoplosan BBM Subsidi, 60 Orang Ditangkap

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan