Arab Saudi dan Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri pada Jumat, 21 April 2023

ABOUTSEMARANG – Arab Saudi dan Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Jumat (21/4).

Dilansir dari laman Gulf News, Jumat (14/4), pusat astronomi berbasis Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) itu menyebut kemungkinan bulan sabit (hilal) Syawal akan terlihat di sebagian besar negara Islam pada Kamis, 20 April. Sehingga tanggal tersebut bisa menjadi akhir bulan Ramadan.

Jika hilal benar terlihat, 1 Syawal 1444 H atau Lebaran Idul Fitri di mayoritas negara Islam akan bertepatan pada hari Jumat, 21 April 2023.

Tetapi di wilayah Asia dan Australia, mereka jelaskan kemungkinan hilal tidak akan tampak pada tanggal tersebut meski melihatnya dengan mata telanjang atau melalui bantuan teleskop.

Apabila hilal tak terlihat di tanggal 20 April, maka Idul Fitri jatuh pada 22 April 2023.

Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Arab Saudi pada Selasa (11/4) telah mengumumkan libur Idul Fitri selama empat hari untuk sektor swasta dan nirlaba.

Sementara itu, Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023.

Hal itu diungkap Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti usai Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah melakukan hisab hakiki wujudul hilal pada 23 Desember 2022 lalu.

Berdasarkan pemantauan tersebut, diketahui bahwa tinggi bulan saat matahari terbenam di Yogyakarta pada Kamis (20/4) telah menunjukan posisi yang berada di atas ufuk. Maka dapat dikatakan, hilal telah terlihat pada saat itu.

BACA JUGA :   Alhamdulillah, Pemerintah Jamin Lebaran Idul Fitri Tahun Ini Bisa Mudik Asalkan...

Adapun, ijtimak atau kondisi ketika bumi, bulan, dan matahari berada pada posisi garis bujur yang sama pun juga telah terlihat pada Kamis (20/4) pukul 11.15 WIB.

Dengan demikian, tanggal lebaran antara Muhammadiyah tersebut akan sama dengan rencana pemerintah Arab Saudi.

Sementara, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akan menetapkan Idul Fitri setelah sidang isbat yang rencananya akan digelar pada 29 Ramadan atau pada Kamis (20/4) mendatang. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan