Arkeolog Temukan Masjid Tertua di Dunia?

Tiberias, Israel,- Arkeolog berhasil menemukan masjid tertua di dunia yang berada di sebuah penggalian Tiberias, Israel utara. Masjid ini diketahui berdiri pada zaman Nabi Muhammad SAW pada abad ke-7 M.

Bangunan masjid ini ditemukan dalam keadaan tidak utuh. Sisa-sisa reruntuhannya ditemukan di bawah bangunan lain di era Bizantium.

Bangunan masjid tersebut berukuran 22 x 49 meter. Berbentuk persegi empat dan memiliki halaman. Para arkeolog islam yaitu Katia Cytryn dan Silverman dari The Hebrew University of Jerusalem, berhasil menemukan masjid itu setelah melakukan penggalian selama 11 tahun.

Dilansir dari Arab News, Sabtu (6/2/2021). Para arkeolog yang melakukan penelitian mengatakan bahwa masjid ini dibangun pada masa penyebaran agama Islam di kawasan Levant pada tahun 635. Saat ini kawasan itu lebih dikenal sebagai wilayah Mediterania Timur dan Asia Barat.

Menurut penelitian, kemungkinan masjid dibangun oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Syurahbil bin Hasanah. Beliau adalah seorang panglima perang yang menaklukan wilayah Levant pada masa itu.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan