Bandung Berduka, Inilah Sosok Mang Oded Wali Kota Bandung

ABOUTSEMARANG – Hari ini Bandung berduka, Wali Kota Bandung Oded M Danial atau yang akrab disapa Mang Oded wafat hari ini, Jumat (10/12).

Mang Oded wafat saat hendak menunaikan Salat Jumat Masjid Raya Mujahiddin. Hal itu dikonfirmasi langsung Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu. Mang Oded, merupakan salah satu kader partai tersebut. Ia mendapat amanah sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Jawa Barat (2020-2025).

Innalilahi wa innailaihi roji’un. Telah wafat @mangoded_md Walikota Bandung pada jam 12.29. Beliau jatuh pingsan hanya beberapa meter sebelum mencapai mimbar khutbah Jum’at Masjid Raya Mujahiddin. Semoga beliau husnul khotimah. Aamiin.” tulis Syaikhu di akun Instagram resminya.

Dikutip dari laman Humas Pemkot Bandung, Oded M Danial lahir di Tasikmalaya pada 15 November 1962. Mang Oded menghabiskan masa kecil hingga remaja di kota itu.

Baca Juga : 44 Eks Pegawai KPK Termasuk Novel Baswedan Resmi Dilantik Jadi ASN Polri

Mang Oded menyelesaikan masa pendidikan dasar hingga menengah di kota ini. Ia bersekolah di SD Lengkong (1969-1975), ST Negeri 1 Tasikmalaya (1975-1978), dan STM Negeri Tasikmalaya (1978-1982). Sedangkan pendidikan tingginya ditempuh di Kota Bandung, tepatnya di Universitas Pasundan (2014-2017).

Sebelum terjun menjadi politikus, pernah bekerja di Industri Pesawat Terbang Nasional/IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia/PT DI) pada kurun waktu 1983-1999. Selepas bekerja di IPTN, Mang Oded mulai terjun di dunia politik dan bergabung dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berselang lima tahun sejak terjun ke dunia politik, Mang Oded terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bandung periode 2004-2008. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2013, ia kembali terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bandung periode 2008-2013. Di periode ini, Mang Oded menduduki jabatan sebagai Ketua Fraksi PKS di DPRD Kota Bandung.

Mang Oded pernah menduduki jabatan penting, yaitu Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Kota Bandung periode 2005-2010 dan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Bandung periode 2010-2015.

Karir Mang Oded di dunia politik makin moncer saat memenangi Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung pada 2013. Pada Pilwalkot 2013, Mang Oded mencalonkan diri menjadi Wakil Wali Kota berpasangan dengan M Ridwan Kamil, yang mencalonkan menjadi Wali Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial dinyatakan meninggal dunia pada pukul 11.55 WIB, Jumat 10 Desember 2021.

Menurut informasi yang dihimpun, almarhum sempat dibawa ke rumah sakit Muhammadiyah Kota Bandung sebelum dinyatakan meninggal. Mang Oded datang sekira pukul 11.45 WIB kemudian masuk ke UGD RS Muhammadiyah.

Menurut pengamatan tim medis, Oded datang ke RS Muhammadiyah sudah dengan tanda-tanda kematian.

“Jam 11.45 beliau datang dan langung masuk UGD diperiksa ternyata nadinya sudah tidak teraba dan pupil matanya melebar. Itu tanda memang beliau sudah tidak ada,” ucapnya.

Namun demikian, ia terus melakukan penanganan medis sesuai standar dengan Resusitasi Jantung Paru.

“Jadi walaupun beliau sudah tanda-tanda tidak ada tapi kita tetap usaha,” tegasnya. ***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan