Bangkitkan Sektor Pariwisata, 30 Finalis Denok Kenang Siap Bersaing

ABOUTSEMARANG – Tiga puluh finalis siap berkompetisi menjadi yang terbaik pada gelaran Grand Final Denok Kenang 2023 yang akan digelar pada 15 Mei mendatang di Taman Indonesia Kaya (TIK) Semarang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wing Wiyarso Poespojoedho, Senin (8/5), mengharapkan keberadaan Denok Kenang yang notabene generasi muda mampu membangkitkan kembali sektor pariwisata pascapandemi.

Oleh karena itu, pemilihan Denok Kenang 2023 kali ini mengambil tema “Melalui Generasi Muda, Pariwisata Semakin Tangguh” dengan mengutamakan anak muda yang aktif berjejaring di media sosial untuk menjadi duta wisata yang melek digital.

Sebagai informasi, Denok Kenang merupakan gelar untuk pasangan yang menjadi duta wisata Kota Semarang. Denok merupakan panggilan untuk anak perempuan dalam bahasa Jawa Semarangan, sedangkan Kenang untuk anak laki-laki.

“Di era digital, ajang tahunan pemilihan Denok Kenang selalu mengikuti perkembangan zaman. Kami berharap peserta 30 besar dan pemenangnya melek digital. Artinya, melalui media sosial, program promosi bisa dijalankan secara optimal,” kata Wing.

Ia menilai duta wisata yang melek digital penting sebagai salah satu cara promosi kebudayaan maupun pariwisata yang cukup efektif sehingga peserta yang aktif berjejaring di media sosial tentu memiliki nilai tambah daripada peserta yang lain.

“Selain syarat yang sudah ditetapkan, memiliki jejaring di media sosial juga menjadi salah satu kriteria yang dipertimbangkan,” katanya.

Sebelumnya telah dibuka pendaftaran Denok Kenang 2023 mulai 25 Januari hingga 4 Mei 2023 yang menjaring ratusan peserta, dan akhirnya terpilih 30 finalis, terdiri dari 15 finalis Denok dan 15 finalis Kenang.

BACA JUGA :   Wali Kota Semarang Nilai Kecamatan Semarang Barat Sebagai kawasan Multiplier Effect

Sebanyak 30 Denok Kenang itu, kata dia, nantinya akan maju di babak grand final yang kali ini dikonsep berbeda, yakni “outdoor” di TIK, setelah pada 2010 juga sempat dikonsep di luar ruangan.

Gelaran Grand Final Denok Kenang 2023 melengkapi sejumlah even kesenian dan budaya di Kota Semarang sepanjang Mei 2023 sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-476 Kota Semarang. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan