Bank Indonesia Tegal Gelar Capacity Building Pengrajin Batik, Tujuannya Untuk Ini

ABOUT SEMARANG, TEGAL – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal, menggelar capacity building ragam hias dan pembendaharaan desain dan motif batik Tegal, UMKM Subsisten Kelompok Usaha Bersama Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal di Vannamei Resto, Selasa (04/06/24).

Kepala KPw Bank Indonesia Tegal, Marwadi, mengatakan, Bank Indonesia sebagai Bank Sentral terus berupaya memberikan kontribusi terbaik dalam rangka meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian.

“Pengembangan UMKM yang dilakukan Bank Indonesia diselaraskan dengan bidang tugas Bank Indonesia dan sejalan dengan visi, misi, dan program strategis Bank Indonesia, salah satunya meningkatkan akses keuangan UMKM untuk mendukung stabilitas sistem keuangan,” kata Marwadi.

Menurut Marwadi, Batik Tegalan merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya akan nilai-nilai sejarah, keindahan motif klasik, dan makna simbolik yang mendalam. Motif yang dihasilkan memadukan geografis Tegal yakni pesisir pantai utara dan agraris.

Melalui capacity building ini, diharapkan semua para pengrajin berkesempatan untuk memahami lebih dalam proses pembuatan desain dan motif batik Tegalan, dari konsepsi dan pengembangan desain sehingga tidak hanya mampu memenuhi selera lokal saja tapi mampu mengakomodir selera pasar nasional atau bahkan selera internasional.

“Melalui kolaborasi dan kerja keras stake holders terkait dalam hal ini PNM, Pemerintah Kabupaten Tegal, dan Universitas Pekalongan Fakultas Teknik Batik, saya yakin kita akan mampu menghasilkan karya-karya batik Tegalan yang memukau dan memperkaya khazanah budaya bangsa,” ucap Marwadi.

Marwadi mengajak para peserta untuk manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, serta jadikan setiap momen dalam pelatihan sebagai langkah menuju kesuksesan dalam melestarikan dan mengembangkan seni batik Tegalan.

BACA JUGA :   Satreskrim Polres Tegal Kota Sidak Takaran SPBU di Pantura, Hasilnya Ini

Pada capacity building ini mengundang narasumber Zahir Widadi SS, M.Hum dosen teknologi batik Universitas Pekalongan yang menyampaikan materi tentang batik dan Pimpinan Cabang PNM (Persero) Tegal Agung Prihantoro dengan materi tentang pengelolaan keuangan dengan baik.***

Peserta capacity building ragam hias dan pembendaharaan desain dan motif batik Tegal, UMKM Subsisten Kelompok Usaha Bersama Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal KPw BI Tegal di Vannamei Resto, Selasa (04/06/24). (Foto: Afeld Ramadhan)

Penulis : Afeld Ramadhan

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan