Berminat Kuliah di UIN Walisongo Semarang, Ini Cara Daftar PMB Jalur Seleksi Nasional Berdasar Prestasi

ABOUTSEMARANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang kembali membuka pendaftaran atau penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi.

Pembukaan PMB jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi ini diawali dengan pembuatan Akun SNBP pada (16/1/2023) bagi siswa di sekolah yang sebelumnya sudah mengisi PDSS.

Jalur pertama yang dibuka adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang dimulai pada 14-28 Februari 2023.

Jalur SNBP merupakan pola penerimaan calon mahasiswa baru skala nasional melalui penelusuran kemampuan dan prestasi akademik dan atau portofolio calon mahasiswa yang diselenggarakan oleh BPPP Kemendikbud diikuti semua perguruan tinggi negeri.

Beberapa persyaratan yang harus disiapkan calon Generasi Walisongo (GENWA) 2023 yakni calon peserta berada di kelas terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan, calon peserta memiliki prestasi akademik baik dan konsisten ditunjukkan dengan merupakan kuota terbaik di sekolah, memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS dan peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Selain itu ada beberapa tahapan dan jadwal pula yang perlu diperhatikan oleh calon pendaftar dan sekolah calon pendaftar, tahapannya sebagai berikut:

  1. Pengisian PDSS oleh sekolah tanggal 9 Januari 2023- 9 Februari 2023
  2. Pembuatan Akun SNPMB tanggal 16 Januari 2023- 15 Februari 2023
  3. Pendaftaran SNBP tanggal 14-28 Februari 2023
  4. Pengumuman Hasil SNBP tanggal 28 Maret 2023
  5. Registrasi Ulang tanggal 29 Maret 2023 – 6 April 2023.
  6. Pengumuman UKT tanggal 13 April 2023
  7. Pembayaran UKT 14 -26 April 2023
BACA JUGA :   Mahasiswa UIN Walisongo Raih Medali Emas dan Best Innovation di Kompetisi International di Jepang

Program Studi Pilihan SNBP di UIN Walisongo yang bisa dipilih meliputi Program Studi Ilmu Hukum S1 (Akreditasi B) pada Fakultas Syariah dan Hukum, Program studi Manajemen S1 (Akreditasi Baik) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Program Studi Sosiologi S1 (Akreditasi B) dan Ilmu Politik S1( Akreditasi B) Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Gizi S1(Akreditasi B) dan Psikologi S1(Akreditasi B) pada Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Program Studi Matematika S1 (Akreditasi B), Fisika S1 (Akreditasi B).

Kimia S1 (Akreditasi B), Biologi S1 (Akreditasi B), Teknologi Informasi S1 (Akreditasi Baik) dan Teknik Lingkungan S1( Proses Akreditasi) pada Fakultas Sains dan Teknologi.

Untuk info lebih lengkap terkait pendaftaran mahasiswa baru jalur SNBP silahkan hubungi Whatsapp 085174730900, instagram @pmb.uinws dan website https://pmb.walisongo.ac.id.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan