Bikin Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Pemula, Berikut Tips dan Poin Penting

ABOUTSEMARANG – Menulis surat lamaran pekerjaan memanglah tidak sulit, namun perlu tips dan trik khusus agar surat lamaran pekerjaan dapat dilirik oleh perusahaan yang diincar.

Terlebih mendapatkan pekerjaan di kondisi Pandemi Covid-19 seperti saat ini bukanlah hal yang mudah. Namun tidak sedikit juga perusahaan yang kini sedang membuka lowongan pekerjaan.

Surat lamaran pekerjaan mungkin terkesan sepele bagi sebagian orang, namun nyatanya, surat lamaran pekerjaan penting dan perlu diperhatikan.

Perusahaan pada dasarnya tidak hanya menilai para kandidat dari CV (Curriculum Vitae) saja, namun juga memperhatikan surat lamaran pekerjaan yang dibuat.

Berikut ini adalah tips untuk menulis surat lamaran kerja
1. Gunakan Bahasa yang Baik & Benar
Dalam menulis surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa yang baik, sopan, benar, serta memberikan kesan profesional. Tidak hanya pengalaman dan skill yang diperhatikan, namun juga tata bahasa dan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) yang tepat, kalimat tidak diulang-ulang atau repetitif. Jika menggunakan bahasa Inggris, usahakanlah untuk menggunakan grammar yang tepat.

BACA JUGA: Link dan Cara Lihat Pengumuman CPNS 2021, Login sscasn.bkn.go.id

2. Singkat, Padat, Jelas
Surat lamaran pekerjaan akan lebih baik jika ditulis dengan singkat, padat dan jelas. Jangan menggunakan kalimat-kalimat yang rumit dan sulit dimengerti. Jangan bertele-tele dan berikan poin penting yang dapat menjadi highlight dari surat lamaran kerjamu.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan