Bingung Mengurus KTP-el Rusak? Begini Caranya

ABOUTSEMARANG – Artikel ini berisi informasi terkait syarat dan cara mengurus KTP Elektronik (KTP-el) yang rusak.

Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi salah satu dokumen penting karena terkait dengan identitas seseorang serta informasi kependudukannya.

Tidak hanya itu, KTP juga biasanya digunakan untuk keperluan berbagai hal mulai dari mendaftar sekolah, mengurus BPJS, membuat SIM dan lain sebagainya.

Dalam banyak kesempatan pun, seseorang akan diminta untuk menunjukkan KTP miliknya saat akan melakukan registrasi atau mengurus suatu hal penting.

Oleh karena itu, tidak jarang ditemukan KTP yang telah mengalami kerusakan bahkan ada juga kondisi di mana Nomor Induk Kependudukan (NIK) juga identitas lainnya tidak bisa terbaca dengan jelas.

Lalu, gimana sih cara untuk mengurus KTP-el yang sudah mengalami kerusakan? Yuk simak caranya berikut ini.

Bagi masyarakat yang ingin mengurus KTP-el rusak caranya berbeda dengan mengurus KTP-el yang hilang.

Untuk mengurus KTP-el yang rusak, pemilik KTP hanya akan diminta membawa barang bukti berupa KTP yang rusak tersebut ke Kantor Dukcapil setempat.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh, melalui akun YouTube Zudan Arif Fakrulloh pada 15 Desember 2021.

“Cara mengurus KK dan KTP-el (yang rusak) itu mudah, caranya bawa KK dan KTP-el rusak tersebut ke dinas Dukcapil untuk minta penggantian yang baru. Itu saja syaratnya,” kata Zudan.

“Tidak perlu membawa pengantar RT, RW, kelurahan, atau desa,” imbuhnya.

BACA JUGA :   Simak! Ini 4 Cara Atasi TV Digital Tidak Ada Sinyal Pasca Peralihan

Namun, jika kerusakan KTP-el disebabkan oleh kejadian kebakaran, artinya besar kemungkinan KTP akan hilang dan hangus terbakar, maka pemilik tidak ada kewajiban untuk membawa syarat apapun saat akan membuat KTP-el yang baru.

Mereka cukup mendatangi Dukcapil terdekat, tidak harus Kantor Dukcapil domisili, untuk minta dibuatkan KTP-el yang baru.

“Bila teman-teman menjadi korban kebakaran dan KTP-nya hilang atau ikut terbakar, penggantiannya bisa dimintakan di dinas dukcapil di mana pun. Misalnya teman-teman KTP-nya Tegal, karena orang Tegal, terbakarnya di DKI, bisa dimintakan penggantian di DKI Jakarta,” ujar Zudan dalam video TikTok di akun Zudan Arif Fakrulloh yang diunggah pada 27 Januari 2022.

Bahkan, Zudan menyebut petugas Dukcapil semestinya langsung bergerak cepat mendatangi penduduk yang mengalami musibah kebakaran itu.

“Nah saya minta, kepada rekan-rekan Dinas Dukcapil kalau ada kejadian kebakaran langsung jemput bola untuk memberikan penggantian KTP Elektronik dan dokumen lain yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkapnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan