Blambangan Ekspres Diluncurkan, Pemkot Semarang Berharap Bisa Menarik Wisatawan dari Bali-Jatim

ARAH PANTURA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan kereta api Blambangan Ekspres relasi Stasiun Semarang Tawang – Ketapang Banyuwangi.

Kepala KAI Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo menyatakan dalam pemberangkatan pertamanya, kereta api Blambangan Ekspres mengangkut sebanyak 150 penumpang dari Semarang Tawang menuju Ketapang.

“Patut disyukuri pada hari ini kita menyaksikan bersama-sama peluncuran perdana KA Blambangan Ekspres Relasi Semarang Tawang-Ketapang pp. KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru untuk mempermudah konektivitas masyarakat dari arah Semarang menuju Jember hingga Ketapang dan sebaliknya,” kata Wisnu, Jumat (2/11).

Wisnu mengatakan, perjalanan kereta api Blambangan Ekspres bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan semakin banyak rute yang dilayani kereta api.

Ia menyebutkan kehadiran kereta api Blambangan Ekspres akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berwisata ke destinasi seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau dan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Banyuwangi.

“Kalau nama Blambangan Ekspres ini terinspirasi dari nama salah satu nama kerajaan yang pernah berkuasa di ujung timur Pulau Jawa yakni Kerajaan Blambangan. Harapannya, Blambangan Ekspres akan besar dan berjaya seperti kerajaan tersebut,” bebernya.

Wisnu menjelaskan kereta api Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 18.05 dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.40. Sedangkan pemberangkatan dari Stasiun Ketapang pada pukul 19.30 dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 05.44.

Lebih lanjut, Wisnu menjelaskan untuk tiket kereta api Blambangan Ekspres dapat dibeli dengan harga murah selama masa promo untuk keberangkatan tanggal 2 hingga 18 Desember 2022.

BACA JUGA :   Awas! Jalan Raya Kaligawe dan Stasiun Semarang Tawang Masih Tergenang Banjir

KAI memberikan diskon untuk kuota terbatas. Tarif tiket promo tersebut untuk kelas Eksekutif hanya Rp250.000 dan kelas Ekonomi hanya Rp150.000.

Sementara itu, Plt Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu mengapresiasi PT KAI karena telah meluncurkan kereta api Blambangan Ekspres.

Ia berharap dengan adanya KA Blambangan Ekspres maka akan bisa menarik minat wisatawan dari Jawa Timur dan Bali untuk datang ke Kota Semarang.

“Pelaku pariwisata Semarang bisa membuat program paket wisata Semarang-Banyuwangi jadi wisata kita juga dikenal banyak orang. Jadi orang tidak hanya transit di Semarang tapi bisa stay untuk beberapa hari,” tutur Ita, sapaan akrabnya.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan