BMKG Peringatkan Daerah Jateng Ini Terjadi Gelombang Tinggi Capai 6 Meter

ABOUTSEMARANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jawa Tengah dalam tiga hari ke depan.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan gelombang pada perairan dan Samudera Hindia selatan Jateng berpotensi mencapai 4-6 meter. Potensi itu berlaku mulai Senin (26/7) pagi sampai Rabu (28/7) pagi.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi dengan potensi mencapai 4-6 meter atau sangat tinggi di perairan dan Samudera Hindia selatan Jateng, yakni selatan Cilacap, Kebumen, dan selatan Purworejo,” kata Teguh Wardoyo dikutip Suara Merdeka.

Pada waktu yang sama, gelombang setinggi itu juga berpotensi terjadi di perairan dan Samudera Hindia selatan Jawa Barat dan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada pelaku aktivitas maritim untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga kami imbau agar tetap selalu waspada,” kata dia.

Dia menjelaskan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara – barat daya dengan kecepatan angin 5-25 knot.

Adapun di wilayah Indonesia bagian selatan, angin dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. (ard/sm)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan