BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Sebagian Wilayah Jateng Hari Ini 27 November 2023

ABOUTSEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah Jawa Tengah (Jateng) akan mengalami cuaca ekstrem.

Adapun cuaca ekstrem itu diprediksi terjadi selama tiga hari mulai tanggal 25-27 November 2023.

Diketahui cuaca ekstrem itu dipengaruhi oleh dinamika atmosfer yang terjadi pada tanggal tersebut.

“Hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah (Laut Jawa), kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan permukaan hingga lapisan 500mb, Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo dalam keterangan tertulis, Minggu (26/11/2023).

Sementara itu pada Senin (27/11/2023) diperkirakan sebagian wilayah Jateng akan mengalami cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

“BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” tambahnya.

Berikut ini sejumlah wilayah di Jateng yang diprediksi mengalami cuaca ekstrem

25 November 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Kab./Kota Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Kendal, Batang, Grobogan, Blora, Jepara, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Kab./Kota Semarang, Surakarta, Kab./Kota Magelang, Boyolali, dan sekitarnya.

26 November 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Kab./Kota Pekalongan, Batang, Wonosobo, Kab. Tegal, Pemalang, Kab./Kota Magelang, Temanggung, Kab./Kota Semarang, Salatiga, Jepara, Sukoharjo, Karanganyar dan sekitarnya.

BACA JUGA :   Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya Hari Ini 29 Oktober 2022: Cenderung Berawan Seharian

27 November 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Wonosobo, Surakarta, Sragen, Salatiga, Kab. Semarang, dan sekitarnya.

Itu tadi informasi mengenai sejumlah wilayah di Jawa Tengah yang diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem. Semoga bermanfaat.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan