BMKG Sebut Hilal Belum Terlihat di Kawasan Ancol

ABOUTSEMARANG – Berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan yang telah dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hilal belum terlihat hingga pukul 17.29 WIB dari Dermaga Cinta, pantai Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Kamis (20/4).

Pemantauan hilal 1 Syawal 1444 Hijriah dilakukan dengan menggunakan teleskop dari terbit hingga terbenamnya bulan dalam rentang waktu 17.29 WIB hingga 17.59 WIB.

“Sampai dengan pukul 17.29 ini untuk visibilitas hilal di lokasi dermaga cinta Ancol ini belum terlihat,” kata Staf Bidang Tanda Waktu BMKG Novianti di lokasi.

Tim BMKG juga menghubungkan hasil pemantauan dari teleskop ke servernya dan ditayangkan secara langsung melalui situs bmkg.co.id.

Novianti menjelaskan, ketinggian hilal yang terpantau pada sore ini juga belum mencapai ketinggian minimal.

“Dari hasil pengamatan kami saat ini hilal masih belum terlihat. Karena untuk lokasi Dermaga Cinta Ancol ini ketinggian hilalnya adalah 1 derajat 41 menit,” ucap Novianti.

“Sedangkan dari database kami, hilal terendah yang tim BMKG pusat mampu record melalui teleskop adalah sekitar 6 derajat 60 menit,” sambung dia.

Adapun selain di pantai Ancol, pemantauan hilal juga digelar BMKG secara serentak di 33 titik di Indonesia.

Hasil pemantauan hilal ini nantinya akan dikirimkan ke Kementerian Agama untuk dipertimbangkan sebagai penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah dalam sidang isbat.

“Hasil pengamatan kami, tim BMKG kurang lebih ada 33 titik tersebar di masing-masing provinsi,” ucap Novianti.

“Karena tadi langsung live di web BMKG, datanya digunakan kementerian agama saat sidang isbat,” tutupnya. (***)

Sharing:

BACA JUGA :   Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya Hari Ini Rabu, 12 Juli 2023

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan