BMKG Semarang Keluarkan Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Utara Jateng, Warga Diminta Waspada

ABOUTSEMARANG – Waspada! Peringatan dini banjir pesisir atau rob di Jawa Tengah dikeluarkan oleh BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang.

Adapun peringatan tersebut dikeluarkan menyusul adanya aktivitas pasang air laut yang mempengaruhi daerah pesisir di Jateng.

Dalam pengumuman bernomor B/ME.01.02/621/KTJM/IV/2023 itu disebutkan akibat adanya aktivitas pasang air laut dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Pantai Utara Jawa Tengah berupa banjir pesisir.

“Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan fenomena banjir pesisir (rob) yang diprediksi terjadi pada tanggal 26 April 2023 pukul 14.00-16.00 WIB di wilayah Pesisir Utara Jawa Tengah,” tulis keterangan BMKG, Rabu, 26 April 2023.

BMKG juga menyebut terkait dampak yang bisa terjadi akibat banjir rob, di antaranya terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan juga kegiatan bongkar muat.

Untuk mengantisipasi dampak banjir rob, masyarakat diminta untuk memantau informasi dari BMKG.

“Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan,” jelas keterangan BMKG yang ditulis prakirawan, Wahyu Sri Mulyani itu.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” imbuhnya.***

Sharing:

BACA JUGA :   Tanggapi Keluhan Jalan Rusak, Hendi Siapkan Langkah Ini

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan