Buntut Pembekuan Izin Kawasan Berikat Pabrik, Ratusan Buruh Pabrik Garmen Geruduk Bea Cukai Tegal

ABOUT SEMARANG, TEGAL – Ratusan buruh PT Cahaya Timur Garmindo Pemalang, Jawa Tengah, menggeruduk kantor pelayanan dan pengawasan Bea Cukai Kota Tegal, Jumat (17/05/24). Aksi demo buruh pabrik garmen itu dilatarbelakangi terbitnya surat KPP Bea Cukai Tegal tertanggal 28 Maret 2024, perihal pembekuan izin fasilitas kawasan berikat PT Cahaya Timur Garmindo (CTG).

Dengan dibekukannya izin kawasan berikat PT CTG berdampak pada nasib buruh, karena proses produksi dalam pabrik akan terhenti pada tanggal 22 Mei 2024. Sehingga ratusan buruh akan kehilangan mata pencaharian, dan berdampak pada ekonomi, kesehatan, pendidikan dan nasib buruh serta keluarganya.

“Kami menuntut KPP Bea Cukai Tegal untuk menggunakan diskresi dalam hal membatalkan atau mencabut pembekuan izin fasilitas kawasan berikat PT CTG,” kata Kuasa Hukum Buruh, Fran usai aksi demo.

Fran menambahkan, Kepala KPP Bea Cukai juga dinilai mengabaikan surat dari Kurator terkait permintaan pencabutan pembekuan izin kawasan berikat PT CTG. Bahkan, beberapa kali Kurator datang ke kantor KPP Bea Cukai Tegal tidak pernah Kepala KPP Bea Cukai Tegal temui.

“Pihak Kurator setiap kali datang ke Bea Cukai tak pernah ditemui kepalanya. Bahkan suratnya dibaikan karena tidak ada tindak lanjut soal pencabutan pembekuan kawasan berikat PT CTG,” terang Fran.

Kepala KPP Bea Cukai Tegal, Yudiarto, menjelaskan dasar pembekuan izin kawasan berikat PT CTG Pemalang lantaran dinyatakan pailit dan sedang dalam pengawasan Kurator.

“Pembekuan bisa kami cabut. Tapi, sebelumnya kami akan melakukan pertemuan dengan pihak pemilik pabrik dan kurator.. Kalau mereka (buruh) ini kan tidak tahu bagaimana kondisi internal perusahaan,” terang Yudiarto usai menemui para buruh.

BACA JUGA :   Polsek Tegal Barat Amankan Puluhan Remaja Bersenjata Tajam, Ternyata Hendak Melakukan Ini

Aksi demo berlangsung tertib dengan pengamanan puluhan personel Polres Tegal Kota. Para buruh mengancam akan kembali menggelar demo jika Kepala KPP Bea Cukai Tegal tidak menepati janji mencabut izin pembekuan kawasan berikat.***

Buntut pembekuan izin kawasan berikat, Ratusan buru PT Cahaya Timur Garmindo Pemalang menggelar aksi demo di kantor KPP Bea Cukai Tegal, Jumat (17/05/24). (Foto : Afeld Ramadhan)

Penulis: Afeld Ramadhan

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan