Bupati Semarang Punya Mobil Dinas Baru, Begini Penampakannya

ABOUTSEMARANG – Mobil tipe All New Toyota Innova Zenix Hybrid resmi jadi mobil dinas baru Bupati Semarang beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Semarang.

Adapun mobil dinas baru tersebut merupakan mobil listrik hybrid seharga Rp 620 juta.

Terkait mobil dinas baru tersebut, Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, ada tujuh mobil baru yang digunakan sebagai bentuk penerapan atas Instruksi Presiden Jokowi Widodo Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk kendaraan dinas.

“Dengan mobil Innova hybrid ini, kan perpaduan antara listrik dan BBM. Ini BBM-nya sangat efesiensi karena dulu 1 liter untuk 10 kilometer. Kalau pakai mobil itu 1 liter BBM untuk 20 sampai 25 kilometer,” ujar Ngesti di pendopo rumah dinas bupati, Kamis, 15 Desember 2022.

Soal harga satu unit mobilnya, kata Ngesti, sekitar Rp 620 juta. Sementara terkait anggaran, Ngesti menambahkan, Kabupaten Semarang terakhir mengganggarkan pembelian mobil dinas baru untuk bupati dan jajaran pada tahun 2016 lalu.

“Jadi tahun 2022 kita menganggarkan mobil ini karena mobil yang kita pakai ini kan tahun 2016. Kemudian untuk kegiatan di lapangan setiap hari ini kita jam terbangnya tinggi dari pagi sama pagi lagi. Kemudian tahun kemarin karena masih pandemi, kita tidak menganggarkan, tahun 2022 kita anggarkan ada 7 (mobil). Harganya sekitar Rp 620 juta,” ujarnya.

Nantinya, tujuh mobil tersebut akan digunakan sebagai kendaraan dinas Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang.

BACA JUGA :   Bupati Semarang Serahkan SK PPPK ke Ribuan Guru di Kabupaten Semarang

“Belum listrik full tahun ini, dan semoga bagus. Secara bertahap kita juga akan mengikuti apa yang jadi kebijakan bapak presiden. Tadi disampaikan bahwa mobil Innova hybrid ini yang pertama untuk Jateng-DIY bahkan se-Indonesia,” kata Ngesti.

Sementara itu, Komisaris PT New Ratna Motor (Nasmoco Group), Pribadi Dian Nurcahya, menambahkan mobil dinas baru yang digunakan Pemkab Semarang ini bisa menghemat pemakaian BBM hingga 50 persen.

“Hybrid ini harganya relatif terjangkau dan bisa hemat BBM sampai dengan 50 persen. Setelah itu barulah teknologi lain seperti EV (Electric Vehicle), hydrogen, dan sebagainya, sesuai dengan kesiapan infrastrukturnya,” terang Dian.

Pihaknya pun mengapresiasi langkah Pemkab Semarang yang menggunakan Toyota Innova Hybrid sebagai kendaraan dinas.

“Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Semarang, menggunakan All New Kijang Innova Zenix sebagai mobil dinas untuk mendukung aktivitas jajaran forkompinda di lingkungannya, sekaligus untuk mendukung upaya pemerintah mencapai pengurangan emisi karbon,” ungkapnya.***

Mobil tipe All New Toyota Innova Zenix Hybrid yang jadi mobil dinas baru Bupati Semarang beserta jajarannya. Ilustrasi/Dok. PT Toyota Astra Motor

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan