Simak! Ini 4 Cara Atasi TV Digital Tidak Ada Sinyal Pasca Peralihan

ABOUTSEMARANG –Artikel ini berisi informasi cara mengatasi TV digital yang tidak ada sinyal pasca peralihan dari TV analog.

Adapun siaran TV analog sendiri telah resmi dimatikan oleh Kominfo beberapa waktu lalu. Dengan demikian, masyarakat yang berada di wilayah terdampak ASO (Analog Switch Off) sejak 2 November lalu sudah tidak bisa lagi menonton siaran TV analog.

Seperti diketahui, dengan dimatikannya TV analog masyarakat hanya bisa menonton melalui siaran TV digital.

Sementara itu, salah satu cara untuk menonton siaran TV digital sendiri adalah dengan menggunakan perangkat TV digital yang mendukung fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation)

Dengan adanya DVB-T2 yang terpasang secara built-in, perangkat TV dapat dipakai langsung untuk menerima sinyal siaran TV digital. Menonton siaran TV digital di perangkat TV digital bisa dikatakan cukup mudah.

Kendati mudah, bukan berarti tak ada kendala. Salah satu kendala yang mungkin cukup banyak dijumpai adalah TV digital tidak ada sinyal siaran. Bila tak ada sinyal yang diterima maka TV digital tidak akan bisa menayangkan konten siaran digital dari lembaga penyiaran.

Direktur Pengembangan Pitalebar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Marvels Situmorang mengatakan penyebab TV digital tidak ada sinyal bisa ditimbulkan dari beberapa faktor.

Misalnya, seperti arah atau posisi antena, kondisi perangkat TV yang digunakan, pemasangan kabel, dan jarak antara tempat tinggal dengan pemancar sinyal siaran digital.

“Banyak faktor penyebab mengapa sinyal tidak dapat diterima dengan baik, kondisi televisi, arah antena termasuk jack atau outlet (sambungan) perkabelannya, juga lokasi atau jarak rumah dengan stasiun pemancar digitalnya,” kata Marvels, Kamis, 3 November 2022.

BACA JUGA :   30 April Siaran TV Analog Resmi Dihentikan, Begini Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB

Berdasar beberapa faktor penyebab kendala tersebut, lantas bagaimana cara memperbaiki sinyal TV digital yang tidak ada? Secara umum, cara memperbaikinya bisa dengan memeriksa beberapa faktor penyebabnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai empat cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal.

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

  1. Pastikan TV telah mendukung fitur DVB-T2

Tidak semua TV terkini, seperti TV LED dan Smart TV, bisa disebut sebagai TV digital. Ciri-ciri utama TV digital adalah mendukung fitur DVB-T2. Selain itu, pada TV digital umumnya terdapat menu untuk memindai sinyal siaran digital (Digital Channel).

Seandainya perangkat TV yang tengah digunakan saat ini tidak memiliki ciri-ciri tersebut, kemungkinan besar itu bukanlah TV digital. Alhasil, TV tidak dapat menerima sinyal digital. Oleh karena itu, pastikan telah menggunakan TV digital sesuai ciri-ciri tersebut.

Bila diketahui ternyata perangkat TV yang digunakan masih TV non-digital atau TV analog biasa, untuk bisa menonton siaran TV digital, pastikan telah memiliki perangkat tambahan Set Top Box (STB) atau Digital TV Box.

Set Top Box memiliki fitur DVB-T2 yang mampu membuat TV analog biasa menerima sinyal digital seperti TV digital. Tidak ada kriteria khusus terkait jenis TV analog yang dapat dipakai untuk menerima sinyal digital.

Namun, menurut Marvels, untuk beberapa jenis TV analog, khususnya yang keluaran tahun lama, mungkin bakal terkendala dalam menerima sinyal digital dengan baik ketika telah dipasang perangkat tambahan STB.

“Berdasarkan pengalaman kita ketika instal STB di rumah warga, banyak kendala pada TV-nya karena faktor usia TV tersebut, tapi untuk TV yang relatif baru biasanya tidak ada masalah (menerima sinyal digital),” kata Marvels.

  1. Pastikan kabel antena terpasang dengan benar
BACA JUGA :   Catat Tanggalnya! Beralih ke TV Digital, Kominfo Siap Bagikan Set Top Box Gratis

Cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal yang berikutnya adalah dengan memastikan kabel antena telah terpasang dengan benar di port atau lubang colokan yang tersedia. Selain itu, perlu pula dipastikan kabelnya tidak rusak dan port di TV tidak kotor.

  1. Cek sinyal siaran TV digital di wilayah domisili

Langkah berikutnya adalah dengan memeriksa jangkauan sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah domisili atau tempat tinggal. Untuk cek jangkauan sinyal siaran TV digital di wilayah domisili, caranya bisa menggunakan aplikasi SinyalTVDigital.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone). Sebelum memulai cek jangkauan sinyal, pastikan telah memberikan izin akses fitur lokasi pada aplikasi ini.

Kemudian, klik ikon “bidik” untuk memulai pemindaian sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah domisili. Setelah terpindai, bakal muncul informasi lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang menjangkau di wilayah itu.

Lalu, slik “see mux detail” untuk melihat informasi detail mengenai sinyal TV Digital yang tersedia. Informasi tersebut biasanya mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi/channel, dan lainnya.

Aplikasi ini juga dapat menampilkan daftar channel siaran TV digital yang dapat diakses di wilayah domisili dengan mengetuk ikon “galeri”. Penjelasan cara cek siaran TV digital yang tersedia bisa dibaca lebih lengkap di artikel ini “Cara Cek Channel TV Digital lewat Ponsel”.

  1. Sesuaikan arah antena dan pastikan ditempatkan di lokasi minim penghalang

Perlu diketahui, pada aplikasi SinyalTVDigital, terdapat pula peta yang menunjukkan informasi atau legenda kekuatan sinyal siaran TV digital di sebuah wilayah.

Adapun jika wilayah tersebut memiliki sinyal yang kuat maka akan ditandai dengan legenda warna merah di peta. Jika legenda berwarna hijau-kuning maka kekuatan sinyal sedang dan untuk abu-abu atau biru mengartikan sinyal lemah.

BACA JUGA :   Panduan Cara Menulis Pers Rilis untuk Publikasi, Berikut Contohnya

Bila TV digital tidak ada sinyal, cobalah untuk ubah arah antena ke wilayah dengan kondisi sinyal digital yang lebih kuat, sesuai informasi di peta aplikasi SinyalTVDigital.

Selain mengubah arahnya, pastikan pula antena tidak ditempatkan di lokasi yang terdapat penghalang seperti pohon, bangunan, atau gedung. Antena yang dipasang di lokasi minim penghalang dapat menerima sinyal digital secara optimal.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan