Catat! Ini Dokumen yang Harus Dibawa Saat Libur Tahun Baru 2022

ABOUTSEMARANG – Tahun baru biasanya identik dengan bepergian mengunjungi sanak, saudara hingga berwisata. Bagi yang ingin bepergian berikut ini beberapa dokumen yang wajib dibawa dalam perjalanan darat saat perayaan Tahun Baru 2022 mendatang.

Aturan baru tersebut dimuat dalam Surat Edaran (SE) 109 Tahun 2021 tentang arahan Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2021 Dan Tahun Baru 2022.

Dalam aturan ini dijelaskan apa saja yang harus dibawa dalam melakukan perjalanan darat saat masa libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Aturan ini diberlakukan karena saat Natal dan Tahun Baru 2022 masih dalam kondisi pandemi Covid-19 terlebih ada varian baru yakni omicron.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Perhubungan, berikut ini dokumen yang wajib dibawa para pelaku perjalanan darat.

1. Kartu vaksin dosis lengkap (sudah dua kali divaksin)

2. Hasil lengkap rapid test antigen paling lambat 1×24 sebelum keberangkatan

3. Menggunakan aplikasi PeduliLindungi

BACA JUGA: Omicron Masuk Indonesia, Kemenhub Perketat Prokes Pelaku Perjalanan

Selain tiga dokumen wajib tersebut, ada juga aturan yang berlaku untuk masyarakat yang menggunakan angkutan umum.

– Batasan kapasitas penumpang yakni, paling banyak sekitar 75% dari kapasitas tempat duduk yang disediakan dan harus selalu menerapkan jaga jarak fisik atau (Physycal Distancing).

– Melakukan sterilisasi kendaraan bermotor umum dengan adanya penyemprotan disinfektan setelah selesai menurunkan semua penumpang dan dilakukan setiap 24 jam.

Itulah beberapa hal penting yang wajib diketahui para pelaku perjalanan darat sebelum memutuskan untuk berlibur saat Tahun Baru 2022.**

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan