Catat Lur! Jadwal Event di Semarang Juli Hingga Agustus 2023, Bakal Banyak Acara Menarik

ABOUTSEMARANG – Artikel ini berisi informasi jadwal event Semarang pada bulan Juli Hingga Agustus 2023.

Buat kalian yang tengah berada di Semarang, jangan lewatkan berbagai agenda seru yang akan digelar di Kota Lumpia ini.

Seperti diketahui Pemerintah Kota Semarang sendiri telah membuat kalender event untuk bisa jadi referensi bagi masyarakat yang ingin berwisata di Semarang.

Berikut ini jadwal event Semarang pada bulan Juli Hingga Agustus 2023 mendatang.

Yuk simak informasi event di Semarang yang akan digelar Juli Hingga Agustus 2023:

Juli

1. Jateng Fair 2023

Event akbar Jateng Fair 2023 kembali digelar oleh PT PRPP Jawa Tengah Perseroda. Tahun ini Jateng Fair akan mengusung tema “Inspiring Batik”.

Tema “Inspiring Batik” karena Jawa Tengah adalah penghasil batik yang luar biasa dari 35 kabupaten dan Kota sebagian besar memiliki motif batik.

Event Jateng Fair digelar sejak 20 Juni hingga 16 Juli mendatang di PRPP Jawa Tengah serta terdapat 325 stand yang terdiri dari stand kuliner, handycraft, batik dan lainnya.

2. Festival Wayang Orang Nasional

Festival Wayang Orang Indonesia 2023 diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang mengundang sanggar seni wayang orang nasional untuk berkiprah selain untuk menarik minat anak-anak serta sebagai upaya melestarikan kesenian wayang orang, acara tersebut sekaligus sebagai ajang regenerasi.

Event festival Wayang Orang berskala nasional ini akan diselenggarakan pada 12-15 Juli 2023 di Gedung Kesenian Ki Narto Sabdo, Kompleks TBRS, di Jalan Sriwijaya, Kota Semarang.

BACA JUGA :   Polda Metro Jaya Amankan Teknisi AC Semarang Terkait Pabrik Modifikasi Senjata Api

3. Pagelaran Wayang Kulit

Pemerintah Kota Semarang menggelar wayang kulit dengan dalang nasional untuk memperingati tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriyah bertempat di Halaman Balaikota Semarang, Jl. Pemuda.

Acara Pagelaran Wayang Kulit bakal berlangsung di halaman Balaikota Semarang Kota Semarang pada 16 Juli 2023.

Agustus

1. Kirab Budaya Ki Ageng Pandanaran

Haul dan Kirab Budaya Sunan Ki Ageng Pandanaran ke-521 tahun 2023 diselenggarakan pada 17 Muharram atau selama 3 hari yakni pada tanggal 5 – 7 Agustus 2023.

Events ini memperingati wafatnya pendiri Kota Semarang Ki Ageng Pandanaran akan diisi dengan prosesi buka luwur (penggantian ke- lambu makam), pengajian umum dan kirab budaya. Ribuan orang berbusana adat Jawa akan berparade dari Taman Indonesia Kaya melewati Jln. Menteri Soepeno menuju makam di Jln. Mugas Dalam.

2. Festival Obang-Abing

Festival Obang-Abing merupakan festival orang-orangan berupa replika petani selaku simbol komunikasi. Perluasan makna terasa tradisi orang-orangan sawah, perwujudan atas eksistensi manusia dalam pengelolaan alam, bumi dan seisinya. Orang-orangan sawah bukan sebatas tradisi agraris, namun tradisi kehidupan.

Festival ini akan diadakan di Desa Wisata Kandri, Kelurahan Kandri, Gunungpati pada tanggal 17 Agustus 2023 tepat saat perayaan Hari Kemerdekaan RI.

3. Semarang Jelajah Musik atau Semarjamu

Semarjamu merupakan singkatan dari Semarang Jelajah Musik. Event ini menampilkan pagelaran musik dengan berbagai genre yang memiliki penggemar setia di berbagai usia.

Acara Semarjamu akan digelar pada 19 Agustus 2023 di Jl. Pemuda Kota Semarang.

4. Lomba Dayung Perahu Nelayan

Salah satu lomba yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Peserta lomba berjumlah 50 Tim yang berasal dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan binaan Dinas Perikanan Kota Semarang.

BACA JUGA :   Kampung Flora Wonolopo Jadi Salah Satu Wisata Agro di Kota Semarang

Event ini menjadi ajang kebersamaan dan hiburan dan dapat menarik wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Semarang. Lomba Dayung Perahu Nelayan rencananya akan digelar pada tanggal 20 Agustus 2023.

5. Festival Cheng Ho

Festival Arak – Arakan Cheng Ho sebagai bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang 618 tahun lalu. Acara dimulai dengan kirab membawa patung Dewa dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Klenteng Sam Poo Kong. Festival ini dimeriahkan pula dengan pertunjukan kesenian tradisional perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa.

Acara Festival Cheng Ho bakal berlangsung pada 19-20 Agustus 2023 di Klenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang.

6. Festival Gedongsongo

Festival Gedongsongo merupakan ajang promosi potensi wisata, budaya, makanan khas kuliner, hotel dan homestay serta ekonomi kreatif di Kabupaten Semarang.

Event ini menampilkan atraksi kesenian dengan acara puncak resik-resik Candi Gedongsongo sebagai ungkapan syukur dan doa agar diberikan keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang.

Acara Festival Gedongsongo bakal berlangsung Kompleks Candi Gedongsongo Kabupaten Semarang pada Agustus 2023.

7. Rakernas JKPI

Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) akan menyelenggarakan Rakernas ke-10 di Kota Semarang. Banyak agenda yang mengiringi forum 73 kepala daerah se-Indonesia anggota jaringan kota pusaka ini dalam upaya pelestarian, perlindungan, kerjasama.

Selain itu juga terdapat promosi keragaman pusaka cagar alam dan cagar budaya se Indonesia ini. Event ini akan diselenggarakan pada tanggal 23-26 Agustus 2023. Ayo, Jangan ketinggalan untuk turut melestarikan keragaman cagar alam dan budaya.

Itu tadi informasi jadwal event di Semarang pada bulan Juli Hingga Agustus 2023 mendatang. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA :   Peringati HUT Kota Semarang, Ini Sejarah Singkat dan Asal Usul Kota Atlas

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan