Cegah Banjir dan Rob, Pemkot Semarang Didesak Selesaikan Dua Proyek Ini

ABOUTSEMARANG – DPRD Kota Semarang mendesak Pemkot Semarang untuk melakukan percepatan permasalahan banjir dan rob yang ada di Kota Semarang.

Apalagi saat ini wilayah Kota Semarang sudah memasuki musim penghujan.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Wahyoe Winarto mengatakan Kota Semarang sedang dihadapkan pada dua permasalahan penanganan banjir dan rob yakni normalisasi Sungai Beringin di Mangkang dan pembangunan sheet pile di Tambak Lorok.

“Dua proyek ini harus segera diselesaikan, apalagi dari pengalaman sebelumnya banyak wilayah yang terdampak, karena banjir dan rob,” kata Liluk, sapaan akrabnya yang dikutip, Rabu (26/10).

Untuk melancarkan kedua proyek pembangunan tersebut memang diperlukan adanya sosialisasi kepada masyarakat.

Tujuannya agar masyarakat mengerti dan pembangunan kedua proyek tersebut bisa terlaksana tepat waktu, sehingga banjir dan rob bisa ditekan.

“Dua proyek ini sangat dinantikan warga agar bisa selesai secepatnya. Kalau memang perlu dilakukan sosialisasi, amdal dan lainnya, harus segera dilakukan. Tujuannya agar warga tidak menjadi korban lagi,” bebernya.

Sementara itu, Pemkot Semarang mengatakan kedua proyek pembangunan tersebut memang saat ini tengah berproses.

Pihaknya mengaku mengalami kendala pembebasan lahan untuk proyek normalisasi Sungai beringin.

“Ada yang sertifikatnya hilang, atau ahli warisnya tidak ketemu, tapi saya tekankan kendala akan selesai dan pembangunan terus berproses,” ujar Plt. Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu, Rabu (26/10).

Kendala tersebut, lanjut Ita sapaan akrabnya, sedang diselesaikan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) pemali – Juana dan ditargetkan proyek akan rampung di bulan Desember.

BACA JUGA :   Wakil Walikota Semarang Kunjungi Lapas Kelas I Semarang Panen Hasil Perkebunan dan Perikanan Napi

“Tentu jadi program prioritas yang harus dilakukan percepatan, jika kendala selesai, maka proyek akan bisa selesai tepat waktu,” bebernya.

Selain normalisasi Sungai Beringin, pembangunan sheet pile di Tambak Lorok juga harus segera digarap agar persoalan banjir dan rob di kawasan Genuk, Semarang Timur dan Semarang Utara bisa segera teratasi.

“Informasi dari BBWS sudah ada pemenang lelang, jadi harapan kita segera dibangun agar banjir dan rob di wilayah ini bisa dituntaskan,” pungkasnya.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan