Cegah Stunting di Batang, Mahasiswa KKN Tim 2 Undip Buat Inovasi Bakso Lele

ABOUTSEMARANG – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar kegiatan pencegahan stunting dengan tema “Bakso Lele: Salah Satu Pencegahan Stunting”.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di rumah bidan Dukuh Tabelan, Desa Gumawang, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang pada Senin, 24 Juli 2023 lalu.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yakni guna memberikan edukasi kepada ibu hamil tentang stunting.

Selain itu, kegiatan ini juga turut menampilkan demonstrasi pembuatan bakso lele yang dibuat oleh mahasiswa KKN Undip sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat terkait makanan bergizi yang dapat membantu mencegah stunting pada anak.

Perlu diketahui, stunting sendiri merupakan masalah gizi kronis yang terjadi pada anak balita akibat kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kognitif anak, menghambat potensi optimal mereka di masa depan.

Lebih lanjut, dalam kegiatan ini, para mahasiswa KKN Tim II UNDIP memberikan penjelasan mendalam tentang stunting kepada ibu hamil yang hadir.

Selama sesi edukasi, mahasiswa KKN Undip menjelaskan kepada para ibu hamil tentang penyebab stunting di antaranya pola makan yang tidak seimbang, kurangnya konsumsi makanan bergizi, infeksi, dan perawatan kesehatan yang kurang optimal.

Semetara itu, dalam sesu tersebut juga dipaparkan terkait ciri-ciri stunting, seperti tinggi badan yang lebih pendek dari rata-rata usia mereka, berat badan yang kurang sesuai dengan usia, serta keterlambatan dalam perkembangan fisik dan kognitif.

Setelah penyampaian informasi tentang stunting, dilakukan demonstrasi berupa video pembuatan bakso lele yang dibuat oleh mahasiswa KKN Tim II UNDIP.

BACA JUGA :   Pemkot Semarang Tinggikan Jembatan Jalan Nogososro untuk Antisipasi Banjir

Video ini memperlihatkan langkah-langkah pembuatan bakso lele dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan terjangkau di lingkungan setempat.

Proses pembuatan bakso lele yang higienis dan mengutamakan kebersihan juga diperlihatkan dalam video tersebut.

Tidak hanya itu, para mahasiswa KKN juga membawa produk berupa bakso lele yang telah mereka buat untuk dicoba oleh para ibu hamil yang hadir.

Tujuannya agar para ibu hamil dapat merasakan langsung kelezatan dan kandungan gizi dalam bakso lele sebagai contoh makanan sehat yang dapat membantu pencegahan stunting pada anak-anak.

Ketua KKN Tim II Undip Oliver Kahn Parlindungan mengatakan, kegiatan edukasi stunting bertema “Bakso Lele: Salah Satu Pencegahan Stunting” diharapkan dapat memberikan memberikan manfaat kepada para ibu hamil.

“Kegiatan “Bakso Lele: Salah Satu Pencegahan Stunting” ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang stunting kepada ibu hamil, sehingga mereka lebih peka terhadap tanda-tanda stunting dan dapat menerapkan pola makan yang sehat untuk mencegahnya,” kata Oliver Kahn.

“Melalui demonstrasi pembuatan bakso lele dan penyajian produk yang bergizi, para ibu hamil diharapkan dapat lebih termotivasi untuk menyajikan makanan bergizi bagi keluarga mereka, sehingga tercipta generasi yang sehat dan cerdas di Desa Gumawang,” pungkasnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan