Cek Lur! Ada Penutupan 12 Ruas Jalan di Demak Hingga Besok Sore

ABOUTSEMARANG – Penutupan di sejumlah ruas jalan di Demak mulai dilakukan pada sore hari ini, Rabu, 28 Juni 2023.

Adapun penutupan dilakukan dalam rangka kegiatan prosesi adat Grebeg Besar.

Perlu diketahui, Grebeg Besar digelar sejak 16 Juni lalu. Salah satu acara inti Grebeg Besar yaitu penjamasan pusaka Sunan Kalijaga yang digelar setiap Hari Raya Idul Adha atau 10 Dzulhijjah 1444 atau pada besok, Kamis, 29 Juni 2023.

Dalam acara tersebut tidak hanya penjamasan pusaka saja, namun terdapat iring-iringan prajurit 40-an yang mengiringi prosesi tersebut.

Rute iring-iringan tersebut dimulai dari pendopo Pemkab Demak menuju Makam Sunan Kalijaga Kadilangu.

Sementara terkait penyekatan jalan di Demak, KBO Lantas Polres Demak, Ipda Djoko Prayitno, mengatakan itu bertujuan mengatur lalu lintas.

Untuk penutupan jalan di beberapa titik sendiri rencananya akan diberlakukan mulai dari Rabu, 28 Juni 2023 pukul 17.00 WIB hingga Kamis, 29 Juni 2023 pukul 15.00 WIB

Perlu diketahui, untuk malam ini bakal digelar kirab tumpeng 9 yaitu kirab gunungan hasil bumi dari Pendopo Kabupaten Demak menuju Masjid Agung Demak.

“Justru memberikan kelancaran bagi pengendara ataupun pengemudi terutama yang dari luar kota. Dari Semarang ke Kudus atau sebaliknya, mereka tidak terjebak macet di tengah kota Demak,” kata Djoko yang dikutip About Semarang, Rabu, 28 Juni 2023.

“Karena malam ini Demak sedang ada kegiatan kirab tumpeng 9. Di mana pengunjung penonton akan memadati seputaran alun alun. Di situlah Sat Lantas Polres Demak mengambil rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus maupun penutupan,” ujarnya.

BACA JUGA :   Ingat! Hari Ini Ada Kirab Merah Putih di Semarang, Beberapa Jalan Ditutup

Ia menyebut ada sekitar 12 titik yang dialihkan. Meliputi traffic light (TL) Bogorame, TL SMP 1, Taman Kijang, di Bhayangkara, TK Pamekar Budi, Kracaan, sampai TL Jebor, Pondok Bambu, Kejaksaan.

“Jadi penyekatan di sini ada kurang lebih 10-12 titik,” terangnya.

Terkait penyekatan pada Kamis, 29 Juni 2023 dilakukan lantaran ada acara penjamasan pusaka Sunan Kalijaga.

“Kita lakukan dari pukul 17.00 WIB, dimungkinkan sampai jam 00.00 WIB dan pada pagi harinya 06.00 WIB ada penyekatan lagi karena besok harinya ada kegiatan kirab prajurit 40-an,” terangnya.

“Itu nanti kemungkinan juga sampai sore sekitar pukul 15.00 WIB,” pungkasnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan