Damkar Semarang Bentuk Relawan Pemadam Kebakaran di 42 Kelurahan

ABOUTSEMARANG – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang akan menambah relawan pemadaman kebakaran yang akan tersebar di 42 Kelurahan.

Kasi Peningkatan Kapasitas dan Kerjasama Dinas Damkar Kota Semarang, Budiyatno mengatakan pembentukan relawan ada di 42 kelurahan dari 14 Kecamatan yang ada di Kota Semarang.

Nantinya dimasing-masing Kecamatan akan ada tiga kelurahan yang memiliki relawan pemadam kebakaran.

“Pembentukan relawan ini akan dilakukan pada tahun 2023. Dari 14 Kecamatan nantinya tiap Kecamatan ada 3 kelurahan sehingga total ada 42 kelurahan yang memiliki relawan pemadam kebakaran,” katanya, Selasa (20/6).

Ia menjelaskan dalam satu kelurahan akan dibentuk minimal 10 personil relawan Pemadam Kebakaran.

Sehingga pada tiap kecamatan, nantinya akan ada 30 personil relawan, pada tiga kelurahan tersebut. Pembentukan perdana dilakukan di kelurahan yang ada di Semarang Barat.

“Harapannya nantinya semua warga kota Semarang bisa dibekali juga materi tentang mengatasi atau pencegahan dini apabila terjadi suatu musibah kebakaran di lingkungannya,” jelasnya.

Sementara kegiatan pelatihan relawan pemadam kebakaran dilaksanakan selama satu hari penuh, dengan materi penanganan terjadinya kebakaran.

Relawan ini, lanjutnya, setelah dibekali materi bisa langsung menyebarkan ke tetangga terdekat dan masyarakat sekitarnya.

“Sedangkan pemilihan kelurahan kita adakan pembentukan dan sekaligus pelatihan memang ditentukan dari pihak kecamatan. Setelah kita sampaikan juga data kelurahan mana yang sangat rawan terhadap musibah kebakaran, nanti pihak kecamatan yang menentukan untuk dibentuk relawan pemadam kebakaran,” ungkapnya.

Pembentukan relawan pemadam ini adalah sebagai salah satu langkah pencegahan dini bila terjadi kebakaran di wilayahnya masing-masing.

BACA JUGA :   Kecamatan Semarang Barat Gandeng Kejati Jateng Untuk Antisipasi Pungli

“Jadi saat terjadi di awal- awal kebakaran, dari api kecil, jika tidak bisa ditangani oleh relawan nantinya otomatis akan ada petugas dari Damkar yang melakukan pemadaman,” tuturnya. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan