Dampak Banjir Bandang Kota Semarang, Tujuh Mobil Hanyut di Sungai Beringin

ABOUTSEMARANG – Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang hingga membuat tanggul sungai Beringin Jebol ternyata membuat tujuh mobil hanyut terbawa banjir banjir bandang.

Kepala Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Diki Rulli menyebut sebanyak tujuh mobil milik warga RW 006 Perumahan Wahyu Utomo Kelurahan Tambak Aji Semarang, hanyut di Sungai Beringin akibat banjir pada Minggu (6/11/2022) malam.

“Ini salah satu dampak dari bencana banjir di Perumahan Wahyu Utomo Ngaliyan Semarang,” kata Diki Rulli, Senin (7/11).

Banjir yang merendam diduga disebabkan tanggul jebol pada Minggu (6/11/2022) sore.

Tak hanya menghanyutkan mobil, banjir itu juga menyebabkan ratusan rumah warga mengalami kerusakan.

“Saat ini masih proses evakuasi (mobil hanyut),” terangnya.

BPBD Semarang, bersama unsur relawan penanggulangan bencana, Polri, dan warga setempat bergotong royong untuk mengeluarkan mobil-mobil tersebut dari Sungai Beringin. Termasuk mengerahkan mobil off road.

Dari pantauannya, hampir semua mobil mengalami kerusakan parah. Bahkan beberapa di antaranya dalam posisi terbalik.

Ia menyebut tiga bencana banjir dan tanah longsor Kota Semarang menjadi perhatian. Termasuk banjir terjadi di area jalan nasional Mangkang di Wonosari, Mangkang Wetan. Lumpur dengan ketebalan 2-5 cm menutupi jalan.

“Kejadiannya sudah berulang dampaknya luar biasa Sungai Beringin dan Plumbon. Dan ini kemarin cukup sempat menghambat lalu lintas. Tapi kondisi sudah surut sekitar jam 12 malam,” jelasnya.

Merespons kejadian tersebut, perangkat Kelurahan Wonosari mendirikan dapur umum untuk warga terdampak. Bantuan logistik, berupa bahan pokok makanan juga dikirim oleh Baznas.

BACA JUGA :   Wali Kota Semarang Kembali Pakai Taksi Online Berangkat ke Kantor, Penyebabnya Bikin Kagum

Selain evakuasi mobil, di kawasan pemukiman ratusan warga dan perangkat desa melakukan kerja bakti sekaligus membersihkan lumpur pascabanjir.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan