Dikenal Kandang Banteng, Begini Komentar Kapolda Jateng Terkait Kerawanan Pilkada Serentak di Jawa Tengah

ABOUT SEMARANG, TEGAL – Menjelang perhelatan Pilkada serentak, kondisi keamanan di Jawa Tengah relatif kondusif. Hal itu diungkapkan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, saat berada di Pendopo Ki Djagga Meanggala, Jl. Raya II, Pasendokan,Tegalwangi, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Senin (08/07/24) siang.

Ahmad Luthfi membeberkan kesiapan Polda Jateng dalam mengamankan Pilkada serentak pada 27 November 2024. Menurutnya, sejumlah kegiatan telah dilakukan jajaran Polda Jateng, di antaranya latihan terkait pengawalan dan penjagaan para pasangan calon (paslon).

“Hampir 270 anggota Polri kita latih kita siapkan yang nanti nempel kepada calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah. Sehingga pada saat pelaksanaan operasi mantap praja mereka sudah siap melakukan pengamanan kepada para paslon,” ujar Kapolda.

Ditambahkan, Polda Jateng juga sudah melakukan kegiatan operasi terkait cipta kondisi, pelatihan sispamkota, pelatihan sispam mako dan pengamanan kontigensi untuk hal-hal yang bersifat darurat atau mendesak.

“Kita latihkan sehingga pada saat operasi mantap praja pada hari H bersama-sama Polda Jawa Tengah sudah terlatih dan siap melaksanakan kegiatan operasi mantap praja,” tegas Kapolda.

Ahmad Luthfi juga menjelaskan peta daerah rawan pada saat pilkada. Menurutnya, kerawanan dipetakan berdasarkan tingkatan, yakni daerah rawan, kurang rawan dan aman.

Kategori rawan, imbuh Kapolda, jika daerah tersebut pernah terjadi konflik, kemudian di daerah itu ada salah satu paslon atau orang penting (VVIP) berada. Masyarakat daerah tersebut belum paham terkait dengan hakekat Pilkda.

“Kalau daerah rawan 3 TPS dijaga 3 anggota Polri. Daerah aman masyarakatnya sudah mengerti akan ketertiban masyarakat, sehingga 3 TPS cukup satu anggota Polri,” pungkas Kapolda.

BACA JUGA :   Bank Indonesia Tegal Gelar Capacity Building Pengrajin Batik, Tujuannya Untuk Ini

Sementara itu, saat ditanya wartawan terkait maraknya gambar dirinya di berbagai tempat di Jawa Tengah, Ahmad Luthfi enggan menjawab.

Penulis : Afeld Ramadhan

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan