Disebut Mirip Odading, Apa Perbedaan Oliebollen Camilan Khas Belanda

ABOUTSEMARANG – Oliebollen merupakan camilan khas Belanda yang hanya dijual saat tahun baru atau momen-momen tertentu. Belum lama ini, media sosial diramaikan dengan wujud Oliebollen yang disebut mirip dengan kue Odading atau roti goreng khas Indonesia.

Camilan khas Negeri Kincir Angin itu sempat viral di media sosial, lantaran cuitan salah seorang pemilik akun twitter @jastairvine.

Dia membagikan kisah temannya yang sedang berwisata ke Belanda saat muslim liburan Natal dan tahun baru. Saat itu, dia ikut mengantre berjam-jam untuk membeli dan mencicipi Oliebollen, yang memang ramai di beli masyarakat setempat untuk merayakan pergantian tahun.

Setelah berhasil mendapatkan camilan tersebut, dia justru merasa kecewa karena makanan yang ada di tangannya tersebut memiliki rasa yang mirip dengan Odading yang juga sempat viral beberapa tahun lalu.

“Temanku lagi liburan di Amsterdam, diajakin pacarnya (bule) antre kue yang cuma dijual pas holidays season, namanya oliebollen,” tulis akun @jastairvine dikutip Selasa (3/1). “Ceritanya, dia sudah ngantri berjam-jam, kena salju, pilek, keanginan, dan lain-lain, pas sampe gilirannya, ‘Anyee** Odading ieu mah keh**!,” lanjutnya.

Beda odading dan oliebollen

Melansir The Spruce Eat, oliebollen memang jadi kue musiman yang hanya dibuat dan dinikmati secara khusus untuk merayakan tahun baru. Kudapan ini sangat nikmat dikonsumsi dalam keadaan hangat, dengan taburan gula bubuk di atasnya.

Dari segi bentuk dan bahan, keduanya memang mirip. Baik oliebollen maupun odading sama-sama memiliki bentuk bulat.

Bahan untuk membuat kedua kue ini pun sama yakni tepung terigu, gula, telur, dan susu cair.

BACA JUGA :   Resep Miyeokguk, Sup Rumput Laut Ala Korea yang Penuh Gizi

Untuk membuatnya, kedua kue ini sama-sama digoreng dalam minyak yang banyak dan panas. Biasanya, dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat.

Lantas, apa beda odading dan oliebollen?

Perbedaan kedua kue ini kemungkinan ada pada rasa. Dalam hal ini, rasa yang dimaksud didukung oleh isian kedua kue yang berbeda.

Oliebollen biasanya disajikan dengan isian kismis, cokelat, atau apa pun sesuai selera. Sementara odading biasanya dicamil dalam sajian polos. Jika ingin menambahkan rasa, Anda bisa menggunakan gula tepung halus sebagai cocolan.

Selain itu, perbedaan lainnya mungkin terlihat dari penyajiannya dan di mana kue tersebut bisa didapatkan.

Odading disajikan bebas di Indonesia sebagai jajanan kaki lima. Anda bisa mendapatkannya tanpa harus mengantre.

Sementara oliebollen didapat secara khusus, bahkan harus antre berjam-jam. Kue satu ini jadi salah satu khas perayaan tahun baru di Belanda. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan