Dishub Tertibkan Bus Luar Kota di Eks Terminal Terboyo

ABOUTSEMARANG – Petugas gabungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang dan Satlantas Polrestabes Semarang melakukan penertiban bus mangkal di sekitar eks Terminal Terboyo, Rabu (22/6).

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Semarang, Dede Bambang Hartono mengatakan, semua bus harus masuk ke tol dan keluar di Mangkang untuk masuk ke Terminal Mangkang.

Saat ini sudah tidak diperbolehkan lagi untuk menaik turunkan penumpang di eks Terminal Terboyo karena untuk aktivitas naik turun penumpang hanya boleh dilakukan di terminal.

“Kegiatan penertiban angkutan umum di Terboyo terutama bus AKAP dan AKDP karena memang disini bukan lagi sebagai terminal. Tapi nyatanya, di sini masih banyak bus-bus AKAP AKDP yang mangkal. Saya tegaskan lagi kalau ini bukan terminal. Ini parkir angkutan barang,” jelas Dede.

Dalam penertiban tersebut, petugas mengecek kelengkapan surat-surat seperti STNK, SIM dan surat uji KIR.

Dede mengatakan, rata-rata para pengemudi bus dan armada yang dibawa memiliki kelengkapan surat yang diminta.

Selain itu armada yang dibawa juga masuk kategori laik jalan. Namun mereka melanggar aturan tidak diperbolehkan lagi menaik turunkan penumpang di tempat yang dilarang untuk menaik turunkan penumpang.

Dalam penertiban tersebut, juga terpantau ada armada bus yang kabur saat melihat petugas tengah melakukan penertiban.

“Tadi ada yang lolos satu. Yang di depan, kami datangi kabur. Mereka sebenarnya tahu salah, tapi tetap melanggar. Ketika ada operasi, mereka takut, lari,” ujar Dede.

Meskipun surat dinilai masih layak jalan dan dilengkapi dokumen yang lengkap. Namun mereka tetap terkena sanksi, karena mangkal dan menaik-turunkan penumpang di tempat larangan.

BACA JUGA :   Taruna PIP Semarang Tewas Ternyata Dianiaya 5 Senior, Upaya Sandiwara Terbongkar

“Ya, walaupun lengkap tetap kena sanksi, soalnya ini (Terboyo, Red) kan tempat larangan. Harusnya di Terminal Mangkang,” tegasnya.

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan