Ditanya Kesiapan Penerangan Jalan Umum Jelang Arus Mudik, Ini Jawaban PJ Bupati Tegal

ABOUTSEMARANG, TEGAL – Lampu penerangan jalan umum merupakan salah satu penunjang penting dalam kelancaran, kenyamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya pada malam hari, terlebih saat musim arus mudik Lebaran.

Namun ironisnya, menjelang puncak arus mudik Lebaran 2024, banyak lampu penerangan jalan umum yang rusak dan tidak berfungsi. Bukan karena tidak dirawat, namun kerusakan akibat ulah orang tidak bertanggungjawab yang mencuri panel MCB.

Hal itu disampaikan PJ Bupati Tegal Agustyarsyah, saat menjawab pertanyaan wartawan terkait kesiapan Pemkab Tegal melengkapi lampu penerangan jalan umum menjelang arus mudik 2024. Menurut Agus, aksi pencurian panel MCB lampu penerangan jalan umum terjadi hampir merata di wilayah Kabupaten Tegal.

“Jadi kami menemukan banyak lampu-lampu penerangan jalan yang dicuri panel MCB-nya, padahal MCB itu harganya ya tidak seberapa tapi nggak tahu kenapa dicuri,” ungkap Agustyarsyah, saat acara silaturahmi dengan awak media, di rumah dinas Wakil Bupati Tegal, Rabu (03/04/24)

Menurut Agus, pihaknya melalui Dinas Pekerjaan Umum selalu melakukan kontrol dan perawatan lampu penerangan jalan umum. Namun setelah diperbaiki tidak bertahan lama kembali rusak. Setelah dicek ternyata panel MCB nya hilang.

“Jadi rekan-rekan dari PU itu sering kontrol, kalau ada yang mati langsung diperbaiki, tapi tidak lama rusak karena panel MCB nya ternyata hilang dicuri orang tidak bertanggungjawab,” ungkapnya.

Agustyarsyah mengaku sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatasi pencurian panel lampu jalan umum, namun kasus serupa masih saja terjadi.

“Sudah (lapor), tapi ya gimana ya, sulit kita mengawasinya. Ya kita hanya bisa mengimbau agar sama-sama merawat fasilitas umum, karena untuk kepentingan bersama,” pungkas pria yang sebelumnya menjabat Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional itu.

BACA JUGA :   Minibus Hajar Pickup dan Tabrak Rumah Warga di Jalur Jatinegara Tegal, Penyebabnya Ini

Penulis : Afeld Ramadhan

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan