Doa Selamat Alam Kubur, Wajib Dibaca Setelah Shalat

ABOUTSEMARANG – Setiap manusia di muka bumi ini pasti akan meninggal dunia. Dalam Islam, setelah seseorang meninggal dunia, ia akan menunggu hingga hari kiamat tiba di alam kubur. alam kubur merupakan antara kehidupan setelah di dunia dan sebelum ke akhirat.

Di dalam alam kubur, setiap manusia akan mempertanggungjawabkan amal ibadahnya selama berada di dunia.

Jika manusia di dunia beramal baik akan diberikan rahmat oleh Allah SWT, sedangkan manusia yang memiliki banyak amal buruk, lalai, tidak beriman akan mendapatkan siksa kubur.

Diriwayatkan dalam HR Bukhari, Rasulullah SAW menyebutkan berbagai macam siksa kubur, sebagai berikut.

“Orang-orang yang suka berbohong, menyebarkan cerita dusta akan disobek rahangnya secara terus-menerus sampai hari kiamat. Orang-orang yang belajar Alquran namun pada malam harinya hanya tidur dan siang harinya tidak mau mengamalkannya akan dihantam kepalanya sampai pecah secara berulang-ulang hingga datang hari kiamat. Para pezina akan direbus dalam tungku mendidih tanpa henti sampai hari kiamat. Orang-orang ditenggelamkan dalam sungai darah, ketika mereka berenang hendak menepi maka dilempari batu mulutnya sampai terdorong ke tengah lagi, demikian terus-menerus sampai datang hari kiamat. Itu adalah siksa bagi orang-orang yang makan riba”.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan