Dorong Kebangkitan Ekonomi, Menparekraf Ajak Mitra Co-Branding Wonderful Indonesia Perkuat Kolaborasi di 2023

ABOUTSEMARANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak mitra co-branding Wonderful Indonesia memperkuat kolaborasi di tahun 2023 dengan menyusun rencana aksi nyata bersama.

“Kemitraan yang ada tidak hanya memberikan keuntungan bagi masing-masing pihak, tapi secara maksimal turut mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara “Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2022”, Rabu (14/12) lalu.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, acara penghargaan ini merupakan sebuah manifestasi dari sebuah kolaborasi. Namun kolaborasi ini harus dapat ditingkatkan lebih jauh dengan melakukan aksi nyata bersama dalam memaksimalkan peluang yang akan berdampak luas bagi masyarakat.

“Kita jangan hanya berhenti di kolaborasi, jangan hanya co-branding saja tapi we need to start having event, (rencana) aksinya apa? Karena Wonderful Indonesia ini is a living brand, living identity,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Pemerintah saat ini terus berupaya melakukan penanganan COVID-19 dan hasilnya saat ini kondisinya jauh lebih baik. Dengan data-data dan rencana aksi yang ada, Pemerintah dikatakan Sandiaga sedang mempertimbangkan untuk memasuki fase berikut penanganan COVID-19.

“Ini merupakan sinyal bagi kita untuk ancang-ancang. Jadi mitra co-branding harus juga mulai memikirkan apa aksi nyata kita di 2023, untuk merumuskan bagaimana kita bisa gercep, geber, dan gaspol,” kata Menparekraf Sandiaga.

Wonderful Indonesia sebagai brand equity telah menjadi identitas dari industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang telah dikenal di dunia. Menparekraf Sandiaga mengatakan, dalam country brand strategy rating, Wonderful Indonesia berada di peringkat 25. Hal ini tentu menambah daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

BACA JUGA :   Sandiaga Uno dan PEPC JTB Perkenalkan Program Pemberdayaan Unggulan

Terlebih, World Economic Forum (WEF) dalam laporan terbarunya menyatakan bahwa posisi Indonesia naik 12 peringkat dalam Travel & Tourism Development Index (TTDI).

“Jadi rating kita sudah di atas dari negara-negara lain. Oleh karena itu harus kita gunakan bersama untuk bisa mendapatkan kontribusi yang lebih baik kepada Indonesia,” katanya.

Kemenparekraf juga ditargetkan double dalam target wisata mancanegara dan ditargetkan juga double dalam pergerakan wisatawan nusantara di tahun depan.

“Oleh karena itu ayo kita kolaborasi sama-sama karena membangun brand bersama-sama bersifat 360 derajat,” kata Sandiaga.

“Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2022” merupakan penghargaan yang diberikan Kemenparekraf pada mitra co-branding yang telah bersama-sama memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kolaborasi bersama dalam mencapai target yang lebih besar di masa-masa mendatang.

“Ini yang kita kembangkan bersama dengan mitra untuk mencapai target-target yang sudah dibebankan dan diamanahkan kepada kita. Wisman harus meningkat, wisnus harus bergerak, kita juga harus tingkatkan nilai tambah ekonomi kreatif dan pembukaan lapangan kerja terutama berkaitan dengan pemulihan pandemi dan juga dari segi pendapatan pariwisata,” kata Menparekraf Sandiaga.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menjelaskan, hingga saat ini jumlah mitra Wonderful Indonesia co-branding mencapai 90 brand dan terus bertambah. Brand Mitra Wonderful Indonesia dan co-branding tersebar di berbagai kategori seperti food and beverage, fast moving consumer good (FMCG), kecantikan, restoran, hotel, transportasi, alat olahraga, asosiasi, komunitas, dan lain-lain.

“Semoga penghargaan yang diberikan dapat semakin memicu dan memacu seluruh mitra dalam melakukan eksekusi program pemasaran dalam balutan brand yang kita banggakan bersama yang bernama Wonderful Indonesia,” kata Ni Made Ayu Marthini. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan