Drainase Meluap, Dieng Jawa Tengah Banjir Hingga 1,5 Meter

ABOUTSEMARANG – Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah diterjang banjir setinggi 1,5 Meter. Pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Arief Wahyudi mengatakan banjir menerjang sepanjang jalan raya arah Dieng pada Kamis (23/12).

Arif mengatakan banjir terjadi disebabkan oleh meluap nya drainase air di hulu Sungai Serayu yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi disertai angin. Ditambah, saluran air tersumbat sehingga tidak bisa menampung debit air.

“Jalan raya arah ke Dieng tepatnya sebelum masuk Desa Patak Banteng [banjir]. Imbas dari meluapnya hulu Sungai Serayu,” kata Arif.

Sebelumnya, Beredar sebuah video banjir yang ramai dibagikan di sosial media. Video tersebut menampilkan kondisi jalanan dataran tinggi Dieng Banjarnegara yang banjir, Kamis (23/12).

Baca Juga : Catat! Tidak Ada Lagi Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di Kurikulum Prototipe 2022, Mata Pelajaran Bisa Pilih Sesuai Minat

Dalam video yang tersebar, tampak genangan air di jalanan sampai lutut orang dewasa. Akibatnya, pengendara sulit melalui jalanan tersebut.

Koordinator Lapangan Tim SAR Jawa Tengah, Sutikno menyampaikan banjir terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Tinggi air mencapai 1,5 meter.

Sutikno mengatakan akibat banjir tersebut jalanan tak bisa dilalui sejumlah kendaraan. Banyak kendaraan roda dua mengalami mogok karena terendam air.

“Tingginya kemaren sore itu hampir 1,5 meter. Motor enggak bisa lewat mati mogok. Tapi enggak panjang areanya cuma airnya meluap ke jalan,” kata Sutikno, Kamis (24/12).

Selain itu, ia juga mengatakan, perumahan sekitar dan kios-kios ikut terendam. Meski begitu, kata dia, banjir tak berlangsung lama. Banjir mulai surut pukul 20.00 WIB.

Pihaknya terus berjaga di area banjir. Hal itu untuk mengantisipasi jika terjadi banjir susulan.

“Jam 8 (malam) surut. Kebetulan anak-anak kan nunggu di sana antisipasi jalan kalau terjadi lagi,” ucapnya. ***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan