Dua Provokator Unjuk Rasa Ditangkap Polda Jateng, Salah satunya Menolak Ini

ABOUTSEMARANG – Dua orang terduga provokator unjuk rasa yang salah satunya menolak perpanjangan PPKM ditangkap Polda Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (2/7).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyebut dua orang provokator unjuk rasa yang ditangkap berinisial N dan B. Keduanya ditangkap di Semarang, Jumat (23/7).

Pelaku N diduga bertugas sebagai inisiator dan host zoom meeting untuk rapat aksi pada 24 Juli, sedangkan pelaku B berperan sebagai penyebar ajakan aksi di sejumlah media sosial dan gruop whatsApp.

“Benar, ada dua orang yang kita amankan. Kita juga mengamankan sejumlah barang bukti, handphone, dan screenshoot pesan ajakan demo di grup Whatsapp, hingga rekaman zoom meeting,” kata Kombes Pol M Iqbal Alqudusy dalam keterangan resmi.

Kabidhumas memaparkan, agar tidak terdeteksi petugas, provokator unjuk rasa ini sengaja membuat grup WhatsAap dengan nama ‘Group Klub Tenis’.

Dari pembicaraan di grup tersebut, diketahui adanya ajakan rencana aksi unjuk rasa di beberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Semarang, Solo, Sukoharjo, Brebes dan Kudus.

“Penyidik saat ini melakukan pemeriksaan mendalam terhadap yang bersangkutan. Kami menghimbau masyarakat agar tidak mudah terhasut. Mari kita ciptakan kesejukan dan berharap pandemi Covid-19 segera berakhir,” imbuh Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy.

Keduanya kini terancam melanggar Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan