Empat Desa Di Kabupaten Tegal Dilanda Banjir, PMI Gercep Distribusikan Bantuan

ABOUTSEMARANG – TEGAL – Banjir melanda sejumlah desa di tiga kecamatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pada Selasa (30/01/24).

Berdasarkan assesment PMI Kabupaten Tegal, banjir terparah terjadi di Dukuh Bulu, Desa Kemuning, Kecamatan Kramat, Desa Plumbungan, Kecamatan Kramat, Desa Banjaragung, Kecamatan Warureja dan Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

Banjir terjadi akibat meluapnya sungai Cacaban, menyusul hujan dengan intensitas tinggi selama dua hari berturut-turut. Ketinggian banjir berkisar 20 hingga 50 centimeter.

Berdasarkan pendataan PMI Kabupaten Tegal, jumlah warga terdampak banjir sekitar 2000 KK, beberapa diantaranya terpaksa mengungsi.

Guna membantu meringankan para korban banjir, PMI Kabupaten Tegal pada Rabu (31/01/24) gerak cepat mendistribusikan bantuan pangan berupa beras, mie instan dan obat-obatan.

Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Tegal, H. Iman Sisworo melalui Pemerintah Desa masing-masing.

“Hari ini kami dari PMI Kabupaten Tegal mendistribusikan bantuan beras dan mie instan kepada para korban banjir. Kasihan mereka, ada yang tidak bisa beraktivitas karena rumahnya dikepung air,” ujar Iman Sisworo di sela-sela pendistribusian bantuan, Rabu (31/01/24).

Iman menyebut, jumlah bantuan yang didistribusikan sebanyak 1,25 ton beras dan 14 dus mie instan. Bantuan tersebut diperuntukan bagi 2.085 KK yang tersebar di empat desa, yakni 64 KK di Desa Kemuning, 600 KK di Desa Plumbungan, 10 KK di Desa Banjaragung dan 1411 di Desa Sidaharja.

“Selain bantuan pangan, PMI Kabupaten Tegal juga telah menerjunkan puluhan relawan untuk membantu warga yang terdampak banjir dan mendirikan dapur umum,” pungkas Iman.***

BACA JUGA :   Sungai Meluap, Akses Jalan MTS NU Ungaran Terhambat

 

Penulis: Afeld Ramadhan

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan