Fasilitasi Pemudik Lebaran 2023, Trans Semarang Tambah Layanan Operasional Malam

ABOUTSEMARANG – Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, Jawa Tengah menambah operasional malam hari selama arus mudik Lebaran 2023.

Adapun penambahan ini dilakukan untuk melayani pemudik khususnya pengguna moda transportasi kapal laut pada Lebaran 2023.

Layanan malam hari Trans Semarang yang menempuh rute Pelabuhan Tanjung Mas-Simpang Lima-Tugu Muda dan kembali lagi ke Pelabuhan akan dioperasikan mulai 16-27 April 2023.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang, Hendrix Setiawan menyebutkan operasional malam hari dimulai pukul 17.30 hingga 23.00 WIB.

Setidaknya, kata dia, ada tiga armada yang disiapkan untuk mengangkut pemudik pada malam hari dengan waktu tunggu kedatangan bus yang diestimasi sekitar 15-20 menit.

Diakui Hendrix, dioperasikannya layanan malam pelabuhan itu sebagai transportasi lanjutan sehubungan dengan program mudik gratis dari pemerintah yang menggunakan kapal laut.

“Dinas Perhubungan Kota Semarang, dalam hal ini BLU UPTD Trans Semarang merespons program mudik gratis tersebut dengan mengoperasionalkan sejumlah armada dan menambah jam layanan untuk rute pelabuhan,” jelasnya di Semarang, Kamis, 13 April 2023.

Lebih lanjut, kata dia, pemudik dari pelabuhan dapat langsung menuju pusat Kota Semarang seperti di Simpang Lima dan Tugu Muda, atau bisa transit untuk melanjutkan dengan rute malam lain.

“Penumpang juga bisa transit di Halte Simpang Lima untuk tujuan Mangkang dengan menggunakan Layanan Malam Mangkang-Simpang Lima,” katanya.

Secara detail, Hendrix menjelaskan bus akan berhenti di Halte Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Tanjung Mas, selanjutnya menempuh rute Jalan Ronggowarsito-Jalan Pengapon-Jalan Raden Patah-Jalan Dr. Cipto- Simpang Milo-Jalan Brigjen Katamso-Jalan Ahmad Yani-Simpang Lima.

BACA JUGA :   Disdik Kota Semarang Instruksikan Pembelian Seragam di Sekolah Tak Wajib

Kemudian, bus melanjutkan perjalanan melewati Jalan Pandanaran-Tugu Muda-Jalan Imam Bonjol-Stasiun Poncol-Layur-Stasiun Tawang-Jalan Ronggowarsito, dan kembali ke Pelabuhan Tanjung Mas.

Hendrix menambahkan bahwa pada Jumat 21 April 2023 atau malam takbiran, akhir layanan reguler dari semua koridor adalah pukul 18.00 WIB dari Halte Balaikota, sementara untuk layanan malam tetap berakhir pukul 23.00 WIB.

“Selanjutnya, pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah yang jatuh Hari Sabtu 22 April 2023, Trans Semarang tetap beroperasional dengan waktu awal Layanan mulai pukul 10.00 WIB dari semua titik keberangkatan,” jelasnya.

“Pada Hari kedua lebaran, Minggu, 23 April 2023, waktu layanan kembali normal,” pungkasnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan