Ganjar Pastikan Stok Oksigen Jateng Aman, Bagi Zona Rumah Sakit

ABOUTSEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memperkuat tim dalam Satugas Tugas (Satgas) oksigen agar pelaksanaannya cepat dan tepat.

Menurut Ganjar, kondisi ini terkait pengalaman terganggungnya stok oksigen karena terhentinya produksi oksigen PT Samator di Kendal akibat kendala listrik Sabtu (10/7) kemarin. Pihaknya pun akan membagi zona kepada rumah sakit yang membutuhkan oksigen.

“Maka Jateng Oksigen Stock Sistem atau Joss itu kita mau optimalkan dan kita mau bagikan ada personilnya, sehingga nanti tidak semua lapor sendiri-sendiri,” ujar Ganjar saat ditanya stok oksigen Jateng dikutip Rmol Jateng, Senin (12/7).

Ganjar menerangkan masalah ketersediaan stok oksigen ini juga bergantung pada penambahan kasus. Menurutnya dari hasil genome sequence yang terbaru beberapa kasus terkonfirmasi di daerahnya merupakan varian delta.

“Cuma (stok oksigen) ini juga akan bergantung pada sedikit banyaknya penambahan kasus, dan hasil genome tes kita rata-rata ternyata memang delta, jadi artinya ini bahaya agar masyarakat siaga,” tandasnya.

Untuk itu, Ganjar menjelaskan setiap rumah sakit harus memiliki person in charge (PIC) khusus oksigen yang wajib dan disiplin mengisi serta melaporkan ketersediaan oksigen melalui aplikasi JOSS. Sehingga pihaknya bisa mendeteksi data kondisi oksigennya.

Pihaknya juga meminta dilakukan penguatan pada Satgas oksigen. Agar pengawasan laporan dan distribusinya terpantau dengan baik serta tepat sasaran.

“Maka saya minta dilakukan penguatan tim di satgas oksigen. Sehingga nanti kalau ada orang lapor saya pengin checkingnya itu sampai deliver, kalau yang sulit ya betul-betul sulit,” ujarnya. (ard/rml)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan