Ganjar Pranowo Cek Persiapan Akhir Tol Semarang-Demak Sebelum Dibuka Kembali

ABOUTSEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek persiapan akhir Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak sebelum dibuka kembali dan dioperasikan secara resmi untuk masyarakat.

“Harapannya setelah 15 Desember, Tol Semarang-Demak sudah bisa dioperasionalkan kembali untuk Natal dan Tahun Baru. Tadi saya coba lewat dari sana sampai dengan titik pintu masuk tol ini, Alhamdulillah lalu lintas lancar,” kata Ganjar Pranowo di sela melakukan pengecekan infrastruktur pendukung Jalan Tol Semarang-Demak, Kabupaten Demak, Rabu (7/12).

Gubernur Ganjar menjelaskan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II Ruas Sayung-Demak saat ini ditutup kembali setelah pelaksanaan uji laik fungsi.

“Saat ini kembali ditutup untuk finishing, beberapa sarana prasarana pendukung akan dirampungkan seperti PJU, lampu tambahan, CCTV yang kurang dan tes loading,” ujarnya didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya (DPUBMCK) Jawa Tengah Hanung Triyono.

Mantan anggota DPR RI itu melihat lalu lintas dari arah barat dalam keadaan ramai lancar dan tidak ada kemacetan parah seperti yang terjadi beberapa pekan lalu.

“Ternyata Jembatan Wonokerto cukup membantu. Jadi artinya ketika kemarin dalam kondisi macet luar biasa ini dibuka ini sangat membantu,” kata Ganjar Pranowo.

Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak memiliki dua seksi pekerjaan yakni Seksi I ruas Kaligawe-Sayung dengan panjang 10,39 kilometer dan Seksi II ruas Sayung-Demak memiliki panjang 16,31 kilometer.

Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak menggunakan skema kerja sama badan usaha dengan pemerintah (KPBU).

Jalan Tol Semarang-Demak Seksi I menjadi tanggung jawab pemerintah dengan menggunakan APBN sebesar Rp10 triliun, sedangkan Seksi II menjadi wewenang Badan Usaha Jalan Tol yaitu PT PP Semarang Demak dengan biaya konstruksi Rp4,7 triliun. (***)

Sharing:

BACA JUGA :   Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan dan Masuk Mal, Ganjar Bilang Begini

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan